Ahsanul Bayan: Berlomba - lomba Meraih Kebahagiaan Akhirat #1 l Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
460 Dilihat

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab “أحسن البيان من مواقف أهل الإيمان” “Ahsanul Bayan min Mawaqifi Ahlil Iman” karya Syaikh Abu Islam Shalih bin Thaha Abdul Wahid hafidzahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi, Lc. yang membahas tentang nasihat-nasihat serta ibroh dari kisah-kisah yang disebutkan di dalam Al-Quran dan Hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kajian ini di sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek Studio Radio Rodja dan RodjaTV, pada Setiap senin malam ba'da maghrib.

Sesungguhnya seseorang manusia hidup diatas keinginannya. Ketika keinginan terbesarnya adalah kehidupan akhirat, maka ia akan berusaha untuk meraih kehidupan akhirat. Tetapi ketika ia keinginannya adalah kehidupan dunia, maka ia pun akan terus berselancar di atas dunia dan ia pun kemudian berat untuk menuju kehidupan akhirat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadits riwayat Tirmidzi:

مَنْ كَانَتْ الدُّنْيَا هَمَّهُ فَرَّقَ اللَّهُ عَلَيْهِ أَمْرَهُ وَجَعَلَ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ وَلَمْ يَأْتِهِ مِنْ الدُّنْيَا إِلَّا مَا كُتِبَ لَهُ وَمَنْ كَانَتْ الْآخِرَةُ نِيَّتَهُ جَمَعَ اللَّهُ لَهُ أَمْرَهُ وَجَعَلَ غِنَاهُ فِي قَلْبِهِ وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ
“Siapa yang keinginan terbesarnya adalah dunia, Allah akan cerai beraikan urusannya dan Allah akan jadikan kefakiran itu di pelupuk matanya dan dunia pun tidak akan mendatanginya kecuali sesuai dengan yang ditakdirkan saja untuknya. Tapi siapa yang keinginan terbesarnya adalah kehidupan akhirat, Allah akan kokohkan urusannya dan Allah akan jadikan kekayaan itu di hatinya, serta dunia pun akan mendatanginya dalam keadaan dunia hina di matanya.” (HR. Tirmidzi)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits ini menyebutkan tentang keinginan dua orang. Yang satu keinginan terbesarnya adalah kehidupan dunia dan yang satu keinginan terbesarnya ialah kehidupan akhirat. Sementara Akhirat jauh lebih kekal, jauh lebih baik daripada kehidupan dunia. Namun itu sangat memberikan pengaruh dalam kehidupan seorang manusia.

Ketika seseorang keinginan terbesarnya adalah dunia, dia menginginkan dunia berupa harta, berupa kedudukan, maka pada waktu itulah dia kan bersungguh-sungguh mencari dunia. Namun dunia itu menipu, namun dunia itu awalnya adalah kelelahan dan akhirnya adalah penyesalan dan kekhawatiran. Namun dunia itu hanyalah memberikan kepadanya iming-iming. Dia lelah, dia banting tulang untuk mencari dunia, ternyata ia tidak mendapatkan kecuali apa yang Allah takdirkan saja untuknya.
selamat menyimak semoga barmanfaat.
Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/

Kategori
Ceramah Agama Islam Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi
Label
ceramah agama islam, rodjatv, radio rodja, kajian salaf, dakwah, dakwah tauhid, manhaj salaf, ceramah pendek, ceramah agama, ahsanul bayan, berlomba meraih kebahagiaan, kurnaedi

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar