Aktualisasi Akhlak Muslim: Akhlak Mulia Kepada Sesama l Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
45 Dilihat
Akhlak Mulia Kepada Sesama merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary. dalam pembahasan Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim.

Akhlak ini adalah Akhlak yang paling mulia. Yaitu memberikan kasih sayang kepada sesama. Semua orang mendambakan dan membutuhkan kasih sayang. Kasih sayang adalah sesuatu yang diperlukan didalam kehidupan ini. Maka setiap muslim wajib menghiasi diri mereka dengan akhlak ini.

Kita tidak boleh hanya mengharap curahan kasih sayang dari orang lain. Tetapi kita juga dituntut untuk selalu bisa menyebarkan kasih sayang kepada sesama manusia. Bahkan kepada hewan dan tumbuhan. Hal ini disebabkan karena Islam adalah agama yang membawa kasih sayang bagi alam semesta. Seperti itulah akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat yang mulia. Mereka selalu berupaya mencurahkan kasih sayang kepada sesama makhluk. Akhlak mereka ini diabadikan didalam firman Allah subhanahu wa ta’ala:

مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ اللَّـهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ ۖ

“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. ..”(QS. Al-Fath[48]: 29)

Kasih sayang antar kaum mukminin adalah sesuatu yang sangat menakjubkan. Islam mengajarkan bahwa kasih sayang diantara sesama orang-orang yang beriman ibarat hubungan antar anggota tubuh yang saling terkait antara satu sama lainnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadits:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِى تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى
“Perumpamaan kaum mukminin dalam kecintaan dan kasih sayang mereka adalah bagaikan satu jasad, apabila satu anggota tubuh sakit maka seluruh badan akan susah tidur dan terasa panas” (HR. Muslim no. 2586).

Apabila salah satu tubuh merasakan sakit, maka bagian tubuh yang lainnya merasakannya. Itulah perumpamaan kasih sayang diantara sesama orang-orang yang beriman. Mereka memiliki perasaan, kasih sayang dan rasa cinta, sehingga seolah-olah mereka mencintai saudara mereka seperti mereka mencitai mereka sendiri. Maka dari itu Allah subhanahu wa ta’ala menganjurkan kita untuk saling menyayangi antara satu sama lain. Allah menyayangi dan mengasihi hamba-hambaNya yang penyayang. Sayang Allah subhanahu wa ta’ala itu diistilahkan dengan rahmat yang cakupannya sangat luas dan meliputi semua ciptaan. Dalam hal apaun Allah selalu mendahulukan rahmat atas murka. Bahkan ditegaskan bahwa rahmat Allah mengalahkan murkaNya.

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar