Aktualisasi Akhlak Muslim: Ihsan Kepada Diri Sendiri l Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
33 Dilihat
"Ihsan Kepada Diri Sendiri" adalah ceramah agama Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Aktualisasi Akhlak Musim” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya.

Kita wajib berlaku ihsan kepada diri sendiri, bahkan sebelum kita berlaku ihsan kepada sesama ciptaan Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَلِنَفْسِكَ عَلَيْكَ حَقًّا
“Dan sungguh, dirimu sendiri juga memiliki hak yang wajib kamu penuhi.”

Lalu bagaimanakah wujud ihsan kita kepada diri sendiri?

Wujudnya adalah dengan memberikan hak-hak diri dan tidak mengebirinya. Seperti memberinya makanan yang halal dan baik, menjauhkannya dari makanan atau minumam yang haram dan membawa mudarat, serta menikah apabila sudah mampu melakukannya.

Namun ada hak diri yang jauh lebih penting daripada semua itu, yaitu membiasakannya untuk selalu melakukan kebaikan dan tidak menganiayanya untuk selalu melakukan kebaikan dan tidak menganiaya dengan berbuat keburukan ataupun kemaksiatan. Sebab seorang dikatakan telah berbuat ihsan kepada diri sendiri apabila mampu mengendalikan dan mengarahkannya untuk ketaatan kepada Allah dan RasulNya.

Oleh karena itu, Allah Ta’ala berfirman:

وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا، فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا، قَدْ أَفْلَحَ مَن زَكَّاهَا، وَقَدْ خَابَ مَن دَسَّاهَا
“Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu. Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (QS Asy-Syam [91]: 7-10)

Gabung dan subscribe di media sosial Rodja TV:Youtube: youtube.com/rodjatv/Facebook: facebook.com/Rodja-TV-645146105580925Twitter: twitter.com/rodjatvSitus web: http://rodja.tvLive stream (primer): http://live.rodja.tvLive stream Youtube: http://live2.rodja.tv (redirect)Rodja TV melalui satelit: Satelit Palapa D, Frekuensi: 4057, Symbol Rate: 2727, Polaritas: H (Horizontal), Video PID: 106, Audio PID: 107, PCR PID: 106

Download rekaman Audio Panduan Amal Sehari Semalam:
https://www.radiorodja.com/download/kajian/ustadz-abu-ihsan-al-atsary/panduan-amal-sehari-semalam/

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar