Al-Khalashah Al-Asasiyah : Makna Kalam & Alamat Isim l Ustadz Mas'ud Mahmud, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
15 Dilihat
Tanda-Tanda Fi’il (Kata Kerja) adalah bagian dari kajian Islam dan belajar bahasa arab dengan pembahasan kitab الخلاصة الأساسية في القواعد النحوية (Al-Khalashah Al-Asasiyah Fil Qawa’idin Nahwiyah). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mas’ud Mahmud, Lc. Kajian ini disampaikan pada 27 Muharram 1441 H / 27 Agustus 2019 M.

PENGANTAR PELAJARAN TANDA-TANDA ISIM (KATA BENDA)
Pada pertemuan yang lalu kita sudah masuk kepada tanda-tanda isim. Yaitu sebagaimana diungkapkan oleh para ahli nahwu bahwa isim itu memiliki tanda. Walaupun Antum tidak mengetahui satu makna dari kalimat tersebut, akan tetapi Antum bisa menentukan atau memahami atau mengenal bahwa itu isim melalui tanda-tanda tersebut. Tentu ini sebagaimana telah disampaikan pada pertemuan-pertemuan yang lalu bahwa untuk pemula khususnya, maka yang harus diperhatikan adalah kitab yang berharakat. Terlebih-lebih utama adalah Al-Qur’anul Karim dan juga hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang umumnya Insya Allah telah diberikan harakat oleh para ahli hadits atau para penulis hadits-hadits baik dalam Shahih Bukhari, Shahih Muslim dan kitab Sunan maupun kitab hadits lainnya. Maka dari situ Antum bisa melihat dan membedakan mana itu isim dan mana yang bukan isim.

Pada pertemuan yang lalu bahwa diantara tanda isim adalah (1) tanwin. Jadi setiap kata yang bertanwin maka sudah bisa dipastikan bahwa itu adalah isim. Kemudian yang kedua adalah (2) kata yang makai alif dan lam. Maksudnya yaitu alif lam asy-syamsiah ataupun alif lam al-qamariyah. Tanda yang ke tiga adalah (3) al-jarr (kata yang berharakat akhir kasrah). Maka setiap kata yang diakhiri harakat kasrah maka sudah bisa ditebak bahwa itu adalah isim.

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar