Aqidah Ath Thahawiyah: Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah l Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
19 Dilihat
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

وَقُلْ آمَنتُ بِمَا أَنزَلَ اللَّـهُ مِن كِتَابٍ
“dan katakanlah: “Aku beriman kepada semua Kitab yang diturunkan Allah” (QS. Asy-Syura[42]: 15)

Artinya yaitu aku beriman dengan semua kitab yang Allah turunkan untuk setiap Rasul. Juga firman Allah ‘Azza wa Jalla:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّـهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنزَلَ مِن قَبْلُ ۚ وَمَن يَكْفُرْ بِاللَّـهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا ﴿١٣٦﴾

“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kufur kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisa[4]: 136)

Ayat ini termasuk ayat-ayat yang menggabungkan pokok-pokok keimanan yang diantaranya adalah iman terhadap kitab-kitab yang Allah turunkan. Juga dalam ayat ini disebutkan bahwasannya mengingkari pokok-pokok keimanan atau mengingkari salah satu dari pokok-pokok keimanan sama saja mengingkari iman kepada Allah dan sama saja mengingkari semua pokok-pokok keimanan. Karena Allah Tabaraka wa Ta’ala menamakan orang yang mengingkari salah satu darinya adalah kekufuran.

Dan beriman dengan kitab-kitab ada dua macam. Yaitu keimanan yang global dan keimanan yang merinci. Kita beriman secara global apa yang disebutkan secara global dalam Al-Qur’an dan sunnah. Dan kita beriman secara rinci terhadap apa yang disebutkan secara terperinci. Karena kitab-kitab yang diturunkan kepada para Nabi tidak disebutkan satu persatu nama-nama dari kitab-kitab tersebut. Juga tidak disebutkan secara rinci apa dari isi-isi yang tertera dalam kitab-kitab tersebut. Yang disebutkan hanya sebagian dari kitab-kitab yang telah diturunkan, juga sebagian dari rincian apa yang dikandung oleh kitab-kitab tersebut.
Kategori
Ceramah Agama Islam Ustadz Muhammad Nur Ihsan
Label
iman, beriman kepada Allah, dakwah islam, dakwah tauhid, beriman kepada kitab, kitab allah, kajian sunnah, ceramah pendek, ceramah agama islam, dakwah sunnah, ceramah sunnah, beriman kepada kitab Allah, manhaj salaf, ceramah agama

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar