Bahasa Arab Itu Mudah L Ustadz Hamzah Abbas

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
44 Dilihat
Mengapa Belajar Bahasa Arab?

Dan secara khusus kita butuh bahasa arab diantaranya dalam rangka untuk memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah. Ini adalah hal yang paling khusus. Dan diantara tujuan utama dari pada seorang muslim ketika ia mempelajari bahasa arab adalah itu.

Maka ketika seseorang ditanya mengapa engkau mempelajari bahasa arab? Maka jawaban yang tentu layak untuk disebutkan adalah -kita katakan- bahwa saya mempelajari bahasa arab ini dalam rangka untuk memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah. Karena kedua wahyu ini Al-Qur’an dan As-Sunnah Allah Subhanahu wa Ta’ala turunkan dengan bahasa arab.

Allah Subhanahu wa Ta’ala memilih bahasa arab sebagai bahasa firmanNya. Padahal pada zaman ketika diturunkannya Al-Qur’an terdapat ribuan bahasa atau bahkan jutaan bahasa yang ada di atas muka bumi ini. Tapi dipilihnya bahasa arab dari ribuan atau bahkan jutaan bahasa yang ada pada saat itu menunjukkan bahwa bahasa arab ini memiliki keistimewaan. Karena dipilih oleh Allah Tabaraka wa Ta’ala Yang Maha Mengetahui, Yang Maha Bijaksana. Tidak mungkin Allah Subhanahu wa Ta’ala memilih kecuali yang paling tepat bagi hamba-hambaNya.

Maka dari sini Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah pernah berkata, khususnya terkait dengan belajar bahasa arab dalam rangka memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah:

وأيضا فإن نفس اللغة العربية من الدين، ومعرفتها فرض واجب، فإن فهم الكتاب والسنة فرض، ولا يفهم إلا بفهم اللغة العربية، وما لا يتم الواجب إلا به فهو واجب
Bahasa arab itu adalah bagian yang tidak terpisahkan dari agama, dan memahami/mempelajari bahasa arab itu adalah suatu kewajiban, karena sungguh memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah hukumnya wajib, dan tidak mungkin Al-Qur’an dan As-Sunnah dipahami kecuali dengan bahasa arab, apa saja kewajiban yang tidak sempurna dilakukan kecuali dengan disertai dengan suatu, maka suatu hal tersebut hukumnya menjadi wajib.

Sebagai contoh, kewajiban memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah. Kewajiban ini tidak mungkin bisa kita lakukan kecuali disertai dengan memahami bahasa arab. Maka memahami bahasa arab ini hukumnya wajib sama seperti hukum mempelajari Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Kemudian setelah itu Syaikhul Islam Ibnu Tamiyyah mengatakan bahwa hanya saja diantara bahasa arab itu ada yang hukumnya fardhu ‘ain (wajib bagi setiap individu muslim mengetahuinya) dan ada diantara bahasa arab itu yang hukumnya fardhu kifayah (jika ada sebagian kaum muslimin dengan jumlah yang cukup sudah mempelajarinya, maka yang lainnya tidak lagi wajib).
Kategori
Ustadz Hamzah Abbas

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar