RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Berlarilah Menuju Allah Ta'ala (ar Risalah at Tabukiyyah) l Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abdullah Taslim
287 Dilihat

Deskripsi

Berlarilah Menuju Allah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A. dalam pembahasan Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 24 Muharram 1440 H / 04 Oktober 2018 M.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَفِرُّوا إِلَى اللَّـهِ ۖ إِنِّي لَكُم مِّنْهُ نَذِيرٌ مُّبِينٌ ﴿٥٠﴾
“Maka segeralah kembali kepada (mentaati) Allah. Sesungguhnya aku seorang pemberi peringatan yang nyata dari Allah untukmu.” (QS. Adz-Dzariyat[51]: 50)

Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa dibawah kalimat “dari” dan “kepada”, ada titik tolaknya dari mana dia berhijrah dan kemana dia menuju dengan hijrahnya tersebut. Dibawah dua kata ini terdapat rahasia atau hikmah yang besar yang merupakan rahasia-rahasia tauhid. Ini adalah perkara yang bisa dikatakan jarang dibahas ketika seseorang membicarakan masalah hijrah. Maka merupakan nikmat Allah ketika kita bisa membaca keterangan yang disampaikan oleh Imam Ibnu Qayyim dalam pembahasan ini.
Berlari, kembali dengan segera kepada Allah, terkandung didalamnya pengesaan Allah dalam segala peenghambaan dirinya dan semua konsekuensi dari penghambaan diri itu berupa rasa cinta, takut, selalu kembali dan tawakal atau bersandar hati kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Kembali kepada Allah dengan segera adalah berlindung kepada Allah subhanahu wa ta’ala yang hal itu hanya bisa dilakukan dengan mendekatkan diri kepadaNya, selalu memohon kepadaNya, menyandarkan hati kepadaNya, cinta, takut dan berharap hanya kepadaNya semata. Maka disini terdapat perintah untuk memurnikan tauhid bahkan inilah hakikat tauhid yang sesungguhnya. Maka dari itu, hijrah kepada Allah subhanahu wa ta’ala asalnya adalah hijrah hati. Kalau anggota badan yang berhijrah tanpa disertai dengan keinginan dihati untuk memurnikan penghambaan dirinya kepada Allah, maka hijrah ini tidak akan bermanfaat.
selamat menyimak semoga bermanfaat.
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS