RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Ceramah Agama Islam: Akhlak Muslim kepada Rabbnya: Tawakal (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Akhlak Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary
52 Dilihat

Deskripsi

Adalah sebuah ceramah yang diangkat dari buku Aktualisasi Akhlak Muslim, di mana disampaikan oleh sang penulis buku sendiri, Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.. Mari simak bahasan bermanfaat seputar akhlak mulia yang seharusnya dimiliki, dijaga, dan dipelihara oleh setiap Muslim, di mana pada kesempatan kali ini menyampaikan tentang bab “Akhlak Muslim kepada Rabbnya: Tawakkal“. Ceramah ini disampaikan di Rodja TV pada Selasa pagi, 14 Jumadats Tsani 1435 / 15 April 2014, pukul 08:00-09:30 WIB.

Buku Aktualisasi Akhlak Muslim
Akhlak Muslim kepada Rabbnya: Tawakkal

Tawakal merupakan penyandaran diri seorang hamba, penyerahan diri, dan kepasrahan dirinya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dia menyerahkan segala urusan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, setelah dia menggunakan segala kemampuan yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan kepadanya untuk berikhtiar (berusaha). Tawakal ini adalah sesuatu yang diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dan Nabi kita, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, adalah contoh yang terbaik di dalam bertawakal. Beliau adalah hamba yang paling sempurna tawakalnya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan akhlak ini senantiasa dan selalu menghiasi seluruh aktivitas beliau, bahkan tatkala berdoa dan berdzikir. Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan, bahwa dalam salah satu doa beliau, beliau mengucapkan:

اللهم لك أسلمت، وبك آمنت، وعليك توكلت، وإليك أنبت، وبك خاصمت، وإليك حاكمت، فاغفر لي ما قدمت وما أخرت، وما أسررت وما أعلنت، أنت إلهي لا إله إلا أنت
“Ya Allah, hanya kepadamu, aku berserah diri. Hanya kepadamu, aku beriman. Hanya kepadamu, aku bertawakkal. Hanya kepadamu, aku kembali. Hanya kepadamu, aku mengadu. Dan hanya kepadamu, aku berhukum. Maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu maupun kemudian, yang aku lakukan sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Sungguh Engkau adalah Ilah-ku, dan tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Engkau.

Ini salah satu doa yang dibaca oleh Nabi kita, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ini doa diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim di dalam Shahih mereka berdua. Di sini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan tawakkalnya kepada Rabb-nya, “وعليك توكلت” (“Dan kepadamu, aku bertawakkal”). Jadi, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah hamba yang senantiasa menyandarkan urusannya kepada Rabb-nya, kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala hingga pada saat ia berdoa dan berdzikir.

Mari mempelajari tawakkal dari Sang Nabi, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, saksikan video ceramah ini sekarang juga.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=5726
Rodja.TV: http://rodja.tv/853

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS