RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Ceramah Agama Islam: Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Amanah (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Akhlak Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary
88 Dilihat

Deskripsi

Video ceramah berikut adalah seri kajian yang diangkat dari buku Aktualisasi Akhlak Muslim, sebuah buku karya sang pemateri sendiri, Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.. Pembahasan pada kesempatan yang tayang live di Rodja TV pada Senin siang, 3 Al-Muharram 1435 / 27 Oktober 2014, pukul 13:00-14:30 WIB ini sampai kepada pembahasan tentang “Amanah, merupakan salah satu dari Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia. Silakan simak video yang insya Allah penuh manfaat ini.

Buku Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Amanah
Orang mukmin adalah orang yang senantiasa menjaga amanah, bahkan menjaga amanah merupakan akhlak mulia yang sangat agung. Ada banyak sekali dalil yang menyebutkan tentang keagungan amanah ini. Salah satunya, Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan sifat orang mukmin sejati:

وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَ‌اعُونَ ﴿٨﴾ وَالَّذِينَ هُمْ عَلَىٰ صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ ﴿٩﴾ أُولَـٰئِكَ هُمُ الْوَارِ‌ثُونَ ﴿١٠﴾ الَّذِينَ يَرِ‌ثُونَ الْفِرْ‌دَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ ﴿١١﴾ – ﴿المؤمنون : ٨-١١﴾
“Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. (8) dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. (9) Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (10) (yakni) yang akan mewarisi Surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya. (11)” (QS Al-Mukminun [23]: 8-11)

Jadi di sini, Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan salah satu sifat orang-orang mukmin yang beruntung yaitu orang-orang yang senantiasa menjaga amanah-amanah yang diembankan di pundak mereka. Dan mukmin sejati adalah sosok yang dapat dipercaya, dan jauh dari sifat khianat karena sifat khianat ini merupakan sifat orang-orang munafik. Dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ ، وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ
“Tanda-tanda orang munafik itu ada 3: jika berbicara, dia berdusta; jika berjanji, dia mengingkari; dan jika diberi amanah, dia mengkhianatinya.”

Seri bahasan tazkiyatun nufus / penyucian jiwa yang sangat berharga untuk kita simak. Mari simak video ceramah yang diangkat dari buku Aktualisasi Akhlak Muslim.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=9190
Rodja.TV: http://rodja.tv/374

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS