RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Ceramah Agama Islam: Hukum Begadang dalam Islam (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi
124 Dilihat

Deskripsi

Video ceramah agama Islam ini mengangkat tema “Hukum Begadang dalam Islam”. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc. di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Cileungsi, Bogor pada Selasa, 3 Ramadhan 1435 / 1 Juli 2014.

Hukum Begadang dalam Islam
Tentang malam, Allah sebutkan dalam Al-Qur’an Al-Karim, di antaranya dalam Surat An-Naba’, ayat ke-9 sampai ke-11:

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا ﴿٩﴾ وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ لِبَاسًا ﴿١٠﴾ وَجَعَلْنَا النَّهَارَ‌ مَعَاشًا ﴿١١﴾ – ﴿النبإ : ٩-١١﴾

“Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, (9) dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, (10) dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan, (11)” (QS An-Naba’ [78]: 9-11)

Di sini, Allah sebutkan malam itu seperti pakaian, karena pakaian ini menutupi tubuh. Malam juga dengan gelapnya menutupi bumi.

Tentang malam juga, Allah sebutkan dalam Surat Al-Qashash, ayat 71-73:

قُلْ أَرَ‌أَيْتُمْ إِن جَعَلَ اللَّـهُ عَلَيْكُمُ اللَّيْلَ سَرْ‌مَدًا إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ إِلَـٰهٌ غَيْرُ‌ اللَّـهِ يَأْتِيكُم بِضِيَاءٍ ۖ أَفَلَا تَسْمَعُونَ ﴿٧١﴾ قُلْ أَرَ‌أَيْتُمْ إِن جَعَلَ اللَّـهُ عَلَيْكُمُ النَّهَارَ‌ سَرْ‌مَدًا إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ إِلَـٰهٌ غَيْرُ‌ اللَّـهِ يَأْتِيكُم بِلَيْلٍ تَسْكُنُونَ فِيهِ ۖ أَفَلَا تُبْصِرُ‌ونَ ﴿٧٢﴾ وَمِن رَّ‌حْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ‌ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُ‌ونَ ﴿٧٣﴾ – (القصص : ٧١ – ٧٣)

“Katakanlah: “Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus-menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?” (71) Katakanlah: “Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus-menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu yang kamu beristirahat padanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (72) Dan karena rahmatNya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karuniaNya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepadaNya. (73)” (QS Al-Qashash: 71-73)

Ini adalah ayat-ayat berbicara yang dengannya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengajak kita untuk ta’ammul, tafakkur, dan tadabbur, memperhatikan ayat-ayat Allah kauniyyah tentang malam dan siang secara khusus, yakni Allah memiliki sunan kauniyyah: ada malam, ada siang; ada matahari, ada bulan; ada bintang, ada bumi; ada lautan, ada daratan; dst; ini sunnah-sunnah Allah yang kauniyyah yang Allah perintahkan untuk memperhatikannya / mentadabburinya.

Mari simak secara mendalam paparan ilmiah sekaligus Islamiyyah tentang bagaimana hukum begadang menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan menyimak video ceramah ini.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=16843
Rodja.TV: http://rodja.tv/1561

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS