RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Ceramah Agama Islam: Islam Rahmatan lil ‘Alamin (Syaikh ‘Ali Hasan Al-Halabi)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Syaikh ‘Ali Al-Halabi
69 Dilihat

Deskripsi

Berikut adalah video ceramah agama Islam tentang "Islam Rahmatan lil 'Alamin". Sebuah tema yang disampaikan oleh seorang ulama karismatik, Syaikh Ali bin Hasan bin Ali bin Abdul Hamid Al-Halabi Al-Atsari, ulama Ahlus sunnah dari Yordania. Ceramah ini disampaikan di sela kegiatan Asy-Syaikh Ali Al-Halabi mengajar pada Daurah Syar'iyyah ke-16 di Trawas, Mojokerto, yang diselenggarakan oleh STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya.

Islam Rahmatan lil ‘Alamin
Zaman ini adalah zaman yang banyak di dalamnya keherananan dan keajaiban / keanehan, sehingga kita perlu membahas salah satu dasar di antara dasar agama Islam, salah satu perkara yang asasi, yaitu tentang bahwasanya Islam datang sebagai rahmatan lil ‘alamin.

Pembahasan ini diangkat dikarenakan keadaan yang mendesak, sehingga para ahli ilmu (ulama) berkewajiban untuk menjelaskan masalah ini karena kaum Muslimin secara umum dan negara-negara Islam menghadapi salah satu fitnah, yaitu munculnya orang-orang yang mencemarkan nama baik Islam, maka sudah menjadi kewajiban bagi kami sebagai bagian daripada orang yang mengemban amanah ilmu untuk menyampaikan masalah ini demi membersihkan nama baik Islam.

Termasuk perkara yang kami ingat dan perlu kami sampaikan tentang pembahasan rahmat lil ‘alamin dari agama Islam adalah sifat yang Allah berikan kepada NabiNya shallallahu ‘alaihi wasallam, sebagaimana Allah berfirman:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَالَمِينَ (الأنبياء: ١٠٧)
“Dan tiadalah Kami mengutus kamu (Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS Al-Anbiya’ [21]: 107)

Dan maksud dari “rahmatan lil ‘alamin” adalah mencakup semua alam, tidak hanya khusus manusia saja, akan tetapi mencakup semua makhluk; mencakup manusia, jin, hewan, dan seterusnya, karena Allah mengutus NabiNya shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sebagai rahmat untuk alam semesta, untuk seluruh makhluk, dan ini adalah karunia Allah yang Allah berikan kepada seluruh makhluk di muka bumi ini.

Kalau kita mau melihat dan mencermati Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam niscaya kita sungguh akan mengetahui secara jelas bagaimana manhaj (metode / dakwah) Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Salah satu hadits yang menjelaskan tentang masalah rahmat adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

الراحمون يرحمهم الرحمن ارحموا من في الأرض يرحمكم من في السماء
“Orang-orang yang memiliki kasih sayang akan dikasihsayangi oleh Allah yang Maha Rahman. Rahmatilah makhluk yang ada di muka bumi, niscaya Dzat yang ada di langit akan merahmati kalian.”

Mari simak video ceramah Syaikh Ali Hasan Al-Halabi yang mengungkap tentang keindahan ajaran Islam sebagai agama yang penuh rahmat, tidak hanya kepada manusia, namun kepada seluruh makhluk, bahkan kepada hewan dan tumbuhan sekali pun. Sekaligus sebagai bantahan dari aksi terorisme yang mengatasnamakan agama yang mulia ini.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/2015/08/12/islam-rahmatan-lil-alamin-syaikh-ali-hasan-al-halabi/
Rodja.TV: http://rodja.tv/islam-rahmatan-lil-alamin-syaikh-ali-hasan-al-halabi_a13bacf28.html

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS