Ceramah Agama Islam: Motivasi Pendidikan Islam (Ustadz Nafi' Zainuddin, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
498 Dilihat

Ceramah yang mengangkat tema seputar pendidikan ini disampaikan oleh Ustadz Nafi’ Zainuddin, Lc. pada Ahad, 19 Al-Muharram 1437 / 1 November 2015. Silakan simak pembahasan ilmiah “Motivasi Pendidikan Islam“.

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus NabiNya yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tujuan untuk mentarbiyah, mendidik umat manusia, sekaligus menyeru mereka ke jalan Allah. Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ شَاهِداً وَمُبَشِّراً وَنَذِيراً، وَدَاعِياً إِلَى اللَّهِ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجاً مُّنِيراً

“Wahai Nabi, sesungguhnya Kami telah mengutusmu untuk jadi saksipembawa kabar gemgirapemberi peringatan, dan untuk jadi penyeru kepada Agama Allah dengan izinNya dan untuk jadi cahaya yang menerangi.” (QS Al-Ahzab [33]: 45-46)

Allah Ta’ala dengan jelas menerangkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallamdiutus untuk seluruh manusia sebagai pembawa kabar gembira, pemberi peringatan, dan menjadi cahaya yang menerangi jalan uamt manusia.

Dan di dalam hadits yang shahih, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن الله لم يبعثني معنِّتاً ولا متعنتاً، ولكن بعثني معلماً مُيسراً

“Sesungguhnya Allah Ta’ala tidak mengutusku menjadi seseorang yang memberatkan dan keras kepala. Akan tetapi Allah Ta’ala mengutusku sebagai seorang guru (yang memberi pengajaran) dan memberikan kemudahan.” (HR Muslim)

Dari apa yang telah Allah jelaskan dalam firmanNya dan yang telah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jelaskan pula di dalam sabdanya, maka sesungguhnya At-Tarbiyah wa At-Ta’lim adalah merupakan cara yang disyariatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mengembalikan manusia ke dalam fitrahnya di dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Maka dari itu, Allah mengutus NabiNya dan memerintahkannya untuk mengajak manusia untuk kembali kepada peribadatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan kita dapati bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sepanjang hidupnya melaksanakan hal ini dengan berbagai caranya.

Dan beliau melakukan tarbiyyah dan dakwah ke berbagai kalangan, ke berbagai tempat, dan dengan berbagai cara. Dan hal ini tentunya bisa menjadi motivasi bagi kita semua, bagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sepanjang hidupnya digunakan untuk berdakwah dan mengajarkan kebenaran kepada manusia. selamat menyimak semoga bermanfaat

Anda dapat menyimak siaran kami melalui,

___
Gabung dan subscribe di media sosial Rodja TV:
Youtube: youtube.com/rodjatv/
Facebook: facebook.com/Rodja-TV-645146105580925
Twitter: twitter.com/rodjatv
Google+: google.com/+rodjatv
Situs web: http://rodja.tv
Live stream (primer): http://live.rodja.tv
Live stream Youtube: http://live2.rodja.tv (redirect)
Rodja TV melalui satelit: Satelit Palapa D, Frekuensi: 4057, Symbol Rate: 2727, Polaritas: H (Horizontal), Video PID: 106, Audio PID: 107, PCR PID: 106
Outlet Rodja untuk jasa pemasangan parabola: http://rodja.tv/outlet


Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=16867
Rodja.TV: http://rodja.tv/2459

Kategori
Ustadz Nafi’ Zainuddin
Label
pendidikan dalam islam, mendidik islami, cera mendidik, nafi zainuddin, pendidikan islam, motivasi pendidikan, kajian islam, ceramah sunnah, pendidikan agama islam, rodja, radio rodja, ceramah rodja, rodjatv

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar