RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Ceramah Agama Islam: Tarhib Ramadhan (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Yahya Badrusalam
161 Dilihat

Deskripsi

Dalam ceramah bertema “Tarhib Ramadhan” ini, Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. menyampaikan hal penting seputar Ramadhan, meliputi amalan-amalan di bulan Ramadhan dan kandungan dalam ayat-ayat puasa, berupa hikmah dan faedah fiqih. Ceramah ini adalah yang disampaikan pada Ahad pagi, 29 Sya’ban 1437 / 5 Juni 2016, pukul 09:00-11:30 WIB di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kampung Tengah, Cileungsi, Bogor dan disiarkan secara langsung oleh Rodja TV.

Tarhib Ramadhan
Tentunya kita, orang-orang yang beriman, dengan datangnya bulan Ramadhan ini hendaknya merasa gembira, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ سَرَّتْهُ حَسَنَتُهُ ، وَسَاءَتْهُ سَيِّئَتُهُ فَهُوَ مُؤْمِنٌ
“Barangsiapa yang merasa gembira (bahagia) dengan amalan-amalan kebaikannya dan merasa sedih dengan amalan-amalan keburukannya, maka tandanya dia seorang mukmin.”

Jadi mukmin itu tandanya adalah dia merasa bahagia ketika dia bisa mentaati Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mukmin itu tandanya dia merasa gembira dengan adanya kesempatan-kesempatan yang emas untuk bisa memperbanyak pahala dia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dengan datangnya bulan Ramadhan ini kesempatan luar biasa! Bagaimana tidak, di bulan Ramadan ini, untuk mendapatkan ampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala sangat mudah.

Amalan-Amalan di Bulan Ramadhan
Puasa Ramadhan
Pertama, berpuasa di bulan Ramadhan menggugurkan dosa. Kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, maka menggugurkan dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Shalat Malam (Qiyam Ramadhan / Tarawih)
Ingat, puasa saja sudah menggugurkan dosa, belum lagi kita shalat tarawih (shalat malam). Nabi bersabda dalam riwayat Bukhari Muslim itu:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa yang qiyam (shalat malam) di bulan Ramadhan karena iman dan berharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Lalu amalan apa saja yang memiliki keutamaan besar di bulan Ramadhan ini? Simak penjelasan ilmiah terperinci nan penuh manfaat melalui video ceramah ini.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=21412
Rodja.TV: http://rodja.tv/2361

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS