RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Ceramah: Ahlus Sunnah Mengajak Manusia kepada Akhlak yang Mulia (Bagian ke-2) - (Ustadz Yazid Jawas)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas Akhlak
279 Dilihat

Deskripsi

Mari simak kembali ceramah agama Islam pembahasan kitab / buku "Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah", melanjutkan pembahasan dari poin ke-79, "Ahlus Sunnah Mengajak Manusia kepada Akhlak yang Mulia (Bagian ke-2)". Ceramah ini alhamdulillah disampaikan langsung oleh sang penulis buku, Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas. Video ceramah seri aqidah ini disampaikan secara langsung pada Sabtu pagi, 25 Al-Muharram 1437 / 7 November 2015. pukul 05:30 - 07:00 WIB di Masjid Imam Ahmad bin Hambal, KPP IPB Baranangsiang, Bogor dan disiarkan oleh Rodja TV.

Syarah ‘Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah
Poin ke-79: Ahlus Sunnah Mengajak Manusia kepada Akhlak yang Mulia (Bagian ke-2)
Pada kesempatan ini, kita akan melanjutkan kajian kita dari buku "Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah", kita masih membahas poin yang ke-79: "Ahlus Sunnah wal Jama'ah Mengajak Manusia kepada Akhlak yang Mulia dan Amal-Amal yang Baik serta Melarang dari Akhlak yang Buruk".

Kita sudah bahas bahwasanya Islam ini mengajak kepada akhlak yang mulia dan orang yang paling mulia dan akhlaknya yang paling baik adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Allah menyebutkan di dalam Al-Qur'an:

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ ﴿القلم : ٤﴾
"Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung." (QS Al-Qalam [68]: 4)

Juga dikatakan oleh 'Aisyah radhiyallahu 'anha:
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم من أحسن الناس خلقا
"Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam orang yang paling baik akhlaknya." (Hadits ini shahih diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Begitu juga sahabat Anas radhiyallahu 'anhu mengatakan demikian.)

Dan sudah kita bahas, bahwa yang paling banyak memasukkan manusia ke dalam surga adalah akhlak yang mulia dan takwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan yang paling banyak memasukkan manusia ke neraka yaitu dengan sebab mulut dan kemaluan.

Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga menyebutkan bahwa tidak ada yang paling berat timbangannya di hari kiamat melainkan akhlak yang mulia dan Allah membenci kepada orang yang keji dan kotor mulutnya.

ما شيء أثقل في ميزان المؤمن يوم القيامة من خلق حسن وإن الله ليبغض الفاحش البذيء
"Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat melainkan akhlak yang mulia. Dan sesungguhnya Allah membenci orang yang berbicara keji dan kotor." (Hadits ini shahih diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Hibban, dari sahabat Abu Darda' radhiyallahu 'anhu. Dan Tirmidzi mengatakan hadits ini hasan shahih.)

Keutamaan Akhlak Mulia
Dan keutamaan akhlak banyak sekali, bahkan dia bisa mengalahkan derajatnya orang-orang yang puasa dan orang-orang yang bangun di tengah malam.

إن المؤمن ليدرك بحسن خلقه درجة الصائم القائم
"Sesungguhnya orang mukmin dengan akhlaknya yang mulia akan mencapai derajat orang yang puasa di siang hari dan shalat di tengah malam." (Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim, dari sahabat 'Aisyah radhiyallahu 'anha.)

Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan akhlak.

Di antara akhlak salafush shalih:

Pertama, ikhlas dalam menuntut ilmu, ikhlas dalam beramal, dan ikhlas dalam beramal, dan ikhlas dalam semua ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, serta takut kepada riya' karena riya' ini akan membatalkan amal yang dilakukan. Seorang Muslim berusaha bagaimana dia dalam beribadah kepada Allah ikhlas; ikhlas dalam menuntut ilmu, mengamalkan ilmu, bersedekah, shalat, zakat, puasa, haji, atau amal lainnya. Dan ikhlas hukumnya wajib, karena Allah berfirman:

وَمَا أُمِرُ‌وا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّـهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ ... ﴿البينة : ٥﴾
"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya ..." (QS Al-Bayyinah [98]: 5)

Video ceramah seri aqidah dengan pembahasan mengupas tentang akhlak mulia ini sangat penting untuk kita dapat renungi bersama.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=16999
Rodja.TV: http://rodja.tv/401

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS