RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Ceramah: Haji: Definisi, Hukum, Syarat, Keutamaan, dan Hikmah Haji (Ustadz Abu Qatadah)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Haji Ustadz Abu Qatadah
36 Dilihat

Deskripsi

Ceramah yang diangkat dari bahasan kitab Umdatul Ahkam, Kitabul Hajj (subkitab Haji). Pada video ceramah bagian awal ini menjadi pengantar dari pembahasan Haji dan Umrah. Mari simak bahasannya, Haji (Bagian ke-1: Definisi, Hukum, Syarat, Keutamaan, dan Hikmah Haji).

Definisi Haji
Haji dari sisi bahasa adalah ‘bermaksud’. Kata-kata haji dari sisi penggunaan bermakna lebih khusus (sebagai) “bermaksud datang kepada Baitullah (Ka’bah, Masjidil Haram)”.

Adapun dari sisi makna (istilah), haji adalah suatu ibadah yang khusus pada waktu-waktu yang khusus (yaitu bulan-bulan yang telah ditetapkan Allah Subhanahu wa Ta’ala: Syawwal, Dzulqa’dah, dan Dzulhijjah) di tempat yang telah dikhususkan (yaitu Mekkah Al-Mukarromah, mencakup Baitullah, Mina, Muzdalifah, Wukuf di ‘Arafah, dst) dari orang-orang yang khusus (sebagaimana nanti dijelaskan syarat wajibnya haji, di mana haji diwajibkan kepada orang-orang tertentu, tidak kepada semua kaum Muslimin).

http://rodja.tv/haji-bagian-ke-1-definisi-hukum-syarat-keutamaan-dan-hikmah-haji-kitab-umdatul-ahkam-ustadz-abu-qatadah/

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS