RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Ceramah: Peringatan terhadap Akhlak yang Buruk (Ustadz Firanda Andirja, M.A.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Firanda Andirja
123 Dilihat

Deskripsi

Ceramah agama berikut adalah yang disampaikan di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Jl. Diponegoro no. 63, Bandung pada Selasa pagi, 24 Syā’ban 1437 / 31 Mei 2016, pukul 09:00-11:40 WIB. Ceramah dengan tema “Peringatan terhadap Akhlak yang Buruk” yang diambil dari kitab Bulughul Maram buah karya Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah, di mana disampaikan oleh Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Peringatan terhadap Akhlak yang Buruk
Akhlak adalah perkara yang penting. Bahkan sebagian ulama tatkala menafsirkan hadits:

إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق
“Sesungguhnya aku ini diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.”

Karena kata sebagian ulama, bahwa akhlak itulah yang dinilai seseorang secara umum. Aqidah adalah perkara yang urgen dan sangat penting, namun dia adalah perkara yang tersembunyi, tidak kelihatan, karena aqidah seseorang berada dalam hatinya kecuali kalau dia menampakkan. Anda ikhlas, hanya Allah yang tahu… Anda beraqidah, Allah tahu… Anda memiliki hati yang bersih, Allah tahu… Tetapi orang lain tidak tahu. Yang orang lain nilai dari kita tatkala kita berinteraksi adalah masalah akhlak. Itulah pusat penilaian orang lain. Oleh karenanya, tentunya kita harus memperhatikan akhlak kita karena itu pusat penilaian dari orang yang kita berinteraksi dengannya.

Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullahu Ta’ala tatkala membuat judul bab “الرهب من مساوئ الأخلاق” (“Ketakutan dari Akhlak yang Buruk” ini adalah judul yang sangat tepat, karena kita harus takut terhadap akhlak yang buruk. Sebagaimana yang pernah saya (Ustadz Firanda Andirja – Red) sampaikan bahwasanya di antara sebab utama masuk surga setelah tauhid adalah akhlak yang mulia, maka sebaliknya, di antara sebab utama seseorang masuk neraka Jahannam setelah kesyirikan adalah akhlak yang buruk. Terlalu banyak dalil-dalil yang mengancam orang-orang yang berakhlak buruk dengan neraka Jahannam. Maka harus ada rasa takut dari terjerumus dalam akhlak yang buruk.

Dan kita akan melanjutkan pembahasna kita tentang macam-macam akhlak yang buruk, kita lanjutkan pada hadits yang ke-11.

Simak selengkapnya pembahasan hadits-hadits shahih seputar akhlak melalui video ceramah yang bermanfaat ini.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=21496
Rodja.TV: http://rodja.tv/2398

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS