Ensiklopedi Doa & Dzikir: Salat Witir l Ustadz Djazuli Ruhan Basyir, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
56 Dilihat
Salat Witir adalah merupakan kajian islam Ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Djazuli Ruhan Basyir Lc membahas tema Salat pembahasan ini merupakan lanjutan dari kitab Ensiklopedi Doa & Dzikir dan Panduan Amal Sehari Semalam.
selamat menyimak semoga bermanfaat,
Shalat witir adalah shalat yang penting untuk kita perhatikan. Hal ini karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat memperhatikannya. Sampai-sampai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkan shalat witir. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

يَا أَهْلَ الْقُرْآنِ أَوْتِرُوْا فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ

“Wahai Ahlul Qur’an, shalat Witirlah kalian karena sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla itu witir (Maha Esa) dan mencintai orang-orang yang melakukan shalat Witir.” (HR. An-Nasa’i)

Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menambahkan kalian dengan satu shalat, yang shalat itu lebih baik untuk dirimu dari pada unta yang merah, yakni shalat witir.” Dengan dasar hadits ini, Abu Hanifah mengatakan bahwa shalat witir itu wajib. Sementara jumhur mengatakan bahwa shalat witir itu hukumnya adalah sunnah muakkad (sunnah yang sangat ditekankan).

PELAKSANAAN SHALAT WITIR

Waktu shalat witir dimulai dari setelah isya’ sampai terbitnya fajar. Hal ini sama dengan waktu pelaksanaan shalat malam. Jumlah rakaat shalat witir yang paling sedikit adalah

satu rekaat salam.
tiga rekaat dengan tidak salam kecuali diakhirnya. Namun jumhur ulama berpendapat bahwa yang paling bagus dilakukan dengan cara dua rakaat salam lalu satu salam. Hal ini dikarenakan adanya larang dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menyerupakan shalat witir dengan shalat maghrib.
lima rekaat dengan satu salam.
tujuh rekaat dengan satu salam dan dua kali tahiyat. Tahiyat yang pertama di rekaat ke 6 dan tahiyat kedua pada rekaat yang 7.
dan sembilan rekaat. Caranya adalah dengan tahiyat awal di rekaat yang ke delapan, lalu bangkit tanpa salam dan tahiyat akhir pada rekaat ke sembilan.
Sebelas rekaat. Sebagian ulama berpendapat bahwa witir yang paling banyak adalah sebelas rekaat.

Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/
Kategori
Ceramah Agama Islam
Label
ceramah agama, dakwah islam, dakwah tauhid, manhaj salaf, ceramah pendek, ustadz djazuli, djazuli ruhan basyir, manhaj, dakwah, shalat, witir, tarawih, shalat tarawih

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar