Fiqhul Usrah : Syarat Mahar Dalam Pernikahan Bag.2 l Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
46 Dilihat
Syarat Mahar Dalam Pernikahan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Fiqhul Usra (Fiqih Keluarga). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. pada hari Sabtu, 22 Jumadil akhir 1439 H / 10 Maret 2018 M.

Al-Qur’an mewajibkan atas suami memberikan kepada istri mahar yang telah ditentukan oleh suami untuk si perempuan tersebut. Kecuali si perempuan tersebut menurunkan haknya atas laki-laki tersebut, maka mahar tersebut menjadi halal untuk laki-laki tersebut. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman di dalam Al-Qur’an tentang hal ini, yaitu didalam surat An-Nisa ayat 4:

وَآتُوا النِّسَاءَ صَدُقَاتِهِنَّ نِحْلَةً ۚ فَإِن طِبْنَ لَكُمْ عَن شَيْءٍ مِّنْهُ نَفْسًا فَكُلُوهُ هَنِيئًا مَّرِيئًا
“Berikanlah mahar kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” (QS. An-Nisa[4]: 4)

Poin ini dibawakan oleh penulis yaitu ketika menyebutkan termasuk petunjuk-petunjuk Al-Qur’an berbuat baik kepada para istri adalah seorang suami ketika menafkahi istrinya maka sang suami wajib untuk memberikan maharnya. Ketika seorang laki-laki menikahi seorang perempuan maka wajib bagi laki-laki tersebut untuk memberikan maharnya.

Kita akan kupas masalah mahar ini secara mendalam sehingga kita benar-benar paham apa yang dimaksud dengan mahar? Apa saja dalil-dalilnya? Berapa saja batasan-batasannya?
selamat menyimak semoga bermanfaat.
Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/
Kategori
Ustadz Kholid Syamhudi
Label
kajian islam, ceramah singkat, ceramah agama islam, rodjatv, radio rodja, kajian salaf, dakwah tauhid, radio, nikah, hijrah, mahar, mahar pernikahaan, syarat mahar, mahar yang ideal, minimal mahar, mahar terbaik

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar