Fiqih Pendidikan Anak : Metode Pembelajaran Anak Di Rumah #2 l Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
60 Dilihat
Metode Pembelajaran Anak di Rumah adalah bagian ke 2 dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. pada 19 Jumadal Awwal 1439 H / 05 Februari 2018 M.
Maka metode pembelajaran yang tepat di rumah adalah metode pembelajaran yang tidak terikat dengan waktu, tempat dan metode tertentu yang tidak boleh dilewati metode tersebut. Akan tetapi metode pembelajaran di rumah adalah dengan cara memanfaatkan setiap momen dan kesempatan bisa saja pembelajaran itu dilakukan ketika anak dan orang tua sedang piknik.

Naik kendaraan bersama-sama, “Ayo jangan lupa naik kendaraan baca do’a” itu sudah pembelajaran. Kemudian ketika di tengah perjalanan tahu-tahu jalanannya nanjak, “Ayo kalau nanjak apa yang dibaca?” Ternyata setelah sampai ke tanjakan yang paling tinggi, jalanannya turun, “Ayo apa yang dibaca? Subhanallah, subhanallah” itu namanya pembelajaran. Nanti ketika sampai ke lokasi piknik, “Jangan lupa ketika kita sudah sampai ke sebuah lokasi, kita akan bertempat disitu walaupun tidak lama jangan lupa berta’awudz memohon perlindungan kepada Allah sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam:

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ
“Barang siapa yang singgah di suatu tempat kemudian mengucapkan: A’UUDZU BIKALIMAATILLAAHIT TAAMMAATI MIN SYARRI MAA KHALAQ (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang Dia ciptakan) maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakannya hingga ia pergi dari tempat singgahnya tersebut.” (HR. Tirmidzi)
Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/
Kategori
Ceramah Agama Islam Ustadz Abdullah Zaen
Label
ceramah agama, metode pembelajaran, fiqih pendidikan, ustadz abdullah zaen, kajian salaf, anak, pendidikan anak, mendidik, fiqih pendidikan anak, metode pembelajaran anak dirumah, kajian, ceramah singkat, ceramah sunnah, kajian agama islam, metode pembelajaran anak d, belajar asyik, belajar menarik, rodja, radio rodja

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar