RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Hak dalam Islam: Hak-Hak Jalan (Bagian ke-1) - (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi
609 Dilihat

Deskripsi

Ceramah berikut adalah bahasan tentang “Hak-Hak Jalan (Bagian ke-1)” yang diambil dari kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam, di mana sebelumnya telah menyelesaikan “Hak-Hak Dua Orang yang Berselisih“. Ceramah agama ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kampung Tengah, Cileungsi, Bogor pada Senin malam, 10 Jumadal Akhirah 1436 / 30 Maret 2015, pukul 18:00-19:00 WIB dan tentunya disiarkan secara live di Rodja TV.

NB: Mohon maaf, tidak ada sesi tanya-jawab pada saat kajian ini berlangsung.

Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam
Hak-Hak Jalan (Bagian ke-1)

Jalan bukan milik pribadi. Jalan adalah milik umum. Dan Islam sudah mengaturnya dan kita tidak boleh melanggar hak jalan.

Marilah kita perhatikan hadits yang agung yang keluar dari lisan Nabi kita yang kita cintai, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam. Haditsnya shahih, riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim. Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, beliau, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِيَّاكُمْ وَالْجُلُوسَ فِي الطُّرُقَاتِ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ, مَا لَنَا مِنْ مَجَالِسِنَا بُدٌّ نَتَحَدَّثُ فِيهَا، قَالَ: فَأَمَّا إِذَا أَبَيْتُمْ إِلا الْمَجْلِسَ, فَأَعْطُوا الطَّرِيقَ حَقَّهُ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ, فَمَا حَقُّ الطَّرِيقِ؟ قَالَ: غَضُّ الْبَصَرِ، وَكَفُّ الأَذَى، وَرَدُّ السَّلامِ، وَالأَمْرُ بِالْمَعْرُوفِ، وَالنَّهْيُ عَنِ الْمُنْكَرِ

“”Janganlah kalian duduk-duduk di tepi jalanan.” Maka para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami perlu untuk berbincang-bincang di pinggir jalan.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jika kalian tidak bisa melainkan bermajelis di pinggir jalan (duduk di situ), maka berikanlah jalan itu haknya. Mereka bertanya, “Apa hak jalan itu, wahai Rasulullah?” Kata Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Menjaga pandangan, tidak mengganggu orang lain, menjawab salam, serta memerintahkan perbuatan yang baik (amar ma’ruf) dan mencegah kemungkaran (nahi munkar).“”

Ini adalah 4 perkara yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ditanya apa itu hak jalan.

Kita membacakan hadits yang mulia ini di zaman yang mana manusia banyak melanggar hak jalan. Rasul shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam dalam hadits yang mulia ini memperingatkan para sahabatnya untuk berhati-hati tentang hak jalan. Bahkan, Rasul pertama kali mengatakan, “Janganlah kalian duduk-duduk di pinggir jalanan.” Subhanallah, banyak kaum Muslimin melanggar aturan ini: parkir mobil sembarangan, parkir motor sembarangan, anak-anak main bola di jalan, anak-anak muda duduk-duduk / nongkrong-nongkrong mengganggu orang lewat dengan mengobrol suara keras (teriak) dan mengganggu gadis-gadis yang lewat, serta parahnya lagi jalan dijadikan tempat jualan; padahal jalan itu ada haknya.

Simak penjelasan detil dari hak-hak jalan dengan menyimak video ceramah ini sekarang juga.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=12559
Rodja.TV: http://rodja.tv/1672

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS