RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Hak dalam Islam: Hak-Hak Suami (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi
182 Dilihat

Deskripsi

Ceramah agama ini adalah yang disampaikan di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kampung Tengah, Cileungsi, Bogor pada Senin malam, 24 Jumadal Akhirah 1436 / 13 April 2015, pukul 18:00-19:00 WIB, di mana ceramah yang dikaji dari kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam ini pada kesempatan yang lalu telah menyelesaikan pembahasan “Hak-Hak Jalan“. Pada ceramah ini, Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. menyampaikan pembahasan bab yang baru, yaitu hak ke-14, “Hak-Hak Suami atas Istrinya“, yang akan dijelaskan di antaranya 10 hak suami yang wajib ditunaikan oleh istrinya.

NB: Mohon maaf, tidak ada sesi tanya-jawab pada saat kajian ini berlangsung.

Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam
Hak-Hak Suami atas Istrinya

Pada kesempatan yang mulia ini kita akan melanjutkan pembahasan kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam. Dan pada kesempatan ini, kita akan memasuki pelajaran ke-14, tentang “Hak Suami atas Istrinya“.

Pernikahan adalah merupakan tanda-tanda dari kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala dan yang diinginkan darinya adalah ketenangan, cinta dan kasih sayang di dalam rumah tangga. Dan itu tidak mungkin terwujud, melainkan setiap pasangan mengerti, mengenal, kemudian menunaikan haknya masing-masing atau menunaikan kewajiban-kewajibannya. Oleh karena itu, alangkah baiknya dan sudah merupakan kewajiban bagi setiap pasangan suami-istri untuk mengerti hak dan kewajiban masing-masing. Dan pada kesempatan yang mulia ini, kita akan membahas tentang hak suami yang harus ditunaikan oleh istrinya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَ‌حْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُ‌ونَ ﴿الروم : ٢١﴾
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS Ar-Rum [30]: 21)

Pada kesempatan yang mulia ini, kita akan bahas hak-hak suami yang harus ditunaikan oleh istrinya. Kemudian insya Allah pada pelajaran berikutnya, kita akan bahas hak-hak istri yang harus ditunaikan oleh suaminya.
Hak Suami

Hak suami atas istrinya merupakan hak yang sangat besar yang tidak diketahui kecuali oleh istri yang shalihah, yang bertaqwa, yang takut hanya kepada Rabb-nya. Di dalam sebuah hadits yang shahih, dikeluarkan oleh Al-Imam Ahmad dalam Musnad-nya kemudian Ibnu Abi Ad-Dunya di dalam Kitabul ‘Iyal, dan dalam kitab Shahih Al-Jami’, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَا يَصْلُحُ لِبَشَرٍ أَنْ يَسْجُدَ لِبَشَرٍ ، وَلَوْ صَلَحَ لِبَشَرٍ أَنْ يَسْجُدَ لِبَشَرٍ ، لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا، مِنْ عِظَمِ حَقِّهِ عَلَيْهَا
“Tidak layak seorang manusia sujud kepada manusia yang lainnya. Seandainya boleh seorang manusia untuk sujud kepada manusia yang lain, sungguh Aku akan perintahkan seorang wanita untuk sujud kepada suaminya, karena suaminya memiliki hak yang besar yang harus ditunaikan oleh istrinya.”

Ini menunjukkan bahwa suami punya hak yang sangat besar, sampai Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan kalau seandainya boleh sujud, maka istri sujud kepada suami. Apa saja hak-hak yang harus ditunaikan oleh para istri, hak-hak yang besar yang dimiliki oleh para suaminya?

1. Taat kepada Seluruh Perintah Suaminya Kecuali Kalau Suami Memerintahkan Perbuatan Maksiat kepada Allah

Ini hak yang pertama yang wajib diketahui dan diamalkan oleh seorang istri. Kenapa wajib taat? Karena taat kepada suami merupakan sebab masuknya wanita ke dalam surga. Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di dalam hadits yang shahih, dikeluarkan oleh Al-Imam Ibnu Hibban di dalam Shahih-nya:

إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا ، وَصَامَتْ شَهْرَهَا ، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا ، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا ، قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ
“Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa Ramadhan, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, maka dikatakan kepada wanita ini, “Masuklah kamu ke dalam surga dari pintu surga mana saja yang kamu kehendaki.”

Simak pembahasan tuntasnya melalui video ceramah yang penuh manfaat ini.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=12909
Rodja.TV: http://rodja.tv/1808

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS