Hal yang Berkaitan Dengan Doa - Kitab Ad Dau wa Dawa (Ustadz Mahfudz Umri. Lc)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
67 Dilihat
Hal yang Berkaitan dengan Doa – Kajian Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’ adalah ceramah agama Islam oleh: Ustadz Mahfudz Umri, Lc yang merupakan bagian dari pembahasan Kitab Ad-Daa’ Wa Ad-Dawaa’ karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah.

Hal yang Berkaitan dengan doa
Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan kita untuk beribadah kepadaNya. Allah subhanahu wa ta’ala telah memberikan fasilitas bagaimana kita berhubungan denganNya. Diantara fasilitas yang sangat agung adalah dengan berdo’a kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu, besarnya kedudukan do’a dalam agama ini, para ulama banyak memberikan perhatian dalam masalah ini.
Banyak do’a-do’a dari manusia yang dikabulkan bagi mereka. Namun ada juga yang tidak dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Orang yang dikabulkan tersebut bisa jadi karena do’a tersebut tepat dengan kondisi yang darurat bagi orang yang berdo’a tersebut. Contohnya adalah orang yang sedang berlayar di atas lautan kemudian diterjang oleh ombak yang besar sehingga harapan untuk hidup sangat kecil. Maka dia berdo’a kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

فَإِذَا رَكِبُوا فِي الْفُلْكِ دَعَوُا اللَّـهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ فَلَمَّا نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ إِذَا هُمْ يُشْرِكُونَ ﴿٦٥﴾

“Maka apabila mereka naik kapal mereka mendoa kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya; maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka (kembali) mempersekutukan (Allah)” (QS. Al-Ankabut [29]: 65)

Dari sini kita mendapatkan pelajaran yaitu ketika kita berada pada kondisi darurat, jadikanlah sebagai kesempatan untuk berdo’a. Jika orang-orang musyrik saja diterima do’anya oleh Allah subhanahu wa ta’ala, bagaimana dengan orang-orang muslim pada kondisi darurat dan terjepit?
Selain pada kondisi terjepit, do’a juga mudah dikabulkan oleh Allah ketika seseorang sungguh-sungguh didalam menghadap Allah subhanahu wa ta’ala. Atau juga mengiringi do’a dengan kebaikan yang dilakukan. Perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan sebelum berdo’a tersebut membuat Allah subhanahu wa ta’ala mengabulkan do’a seorang hamba dan bentuk syukur Allah.
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/
Kategori
Ceramah Agama Islam
Label
doa, rezeki, minta pertolongan, berdoa, kajian islam, kajian salaf, ustadz mahfudz, kitab ad dau wa dawa, kajian salafi, wahabi, tauhid, akidah, manhaj

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar