RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Hikmah dibalik Musibah Gempa (Ustadz Ahmad Zainuddin,LC)

Video Unggulan

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Ahmad Zainuddin
17 Dilihat

Deskripsi

Hikmah Dibalik Musibah Gempa adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. langsung dari Masjid Al-Barkah, Kompleks Rodja, Jl. Pahlawan, belakang Polsek Cileungsi, Kampung Tengah RT 03 / RW 03, Cileungsi, Bogor. Pada sabtu, 29 Dzulqa’dah 1439 H / 11 Agustus 2018 M.
KAJIAN TENTANG HIKMAH DIBALIK MUSIBAH GEMPA
Sebagai seorang muslim, ketika terjadi musibah, maka dia senantiasa mengaitkan musibah tersebut dengan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

قُلِ انظُرُوا مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَمَا تُغْنِي الْآيَاتُ وَالنُّذُرُ عَن قَوْمٍ لَّا يُؤْمِنُونَ ﴿١٠١﴾ فَهَلْ يَنتَظِرُونَ إِلَّا مِثْلَ أَيَّامِ الَّذِينَ خَلَوْا مِن قَبْلِهِمْ ۚ قُلْ فَانتَظِرُوا إِنِّي مَعَكُم مِّنَ الْمُنتَظِرِينَ ﴿١٠٢﴾

“Katakanlah: “Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman”. Mereka tidak menunggu-nunggu kecuali (kejadian-kejadian) yang sama dengan kejadian-kejadian (yang menimpa) orang-orang yang telah terdahulu sebelum mereka. Katakanlah: “Maka tunggulah, sesungguhnya akupun termasuk orang-orang yang menunggu bersama kamu”.” (QS. Yunus[10]: 101-102)
Maka pemahaman balik dari ayat ini apabila Allah memberikan tanda-tanda kekuasaannya, maka harus menjadikan manfaat untuk diri kita. Apabila Rasul-rasul memberikan peringatan, maka harus menjadikan manfaat untuk diri kita. Dan itu adalah tanda keimanan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Orang-orang sebelum kita pun juga ditimpa musibah gempa. Maka ini harus dijadikan pelajaran.

Didalam ayat yang lain, Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita untuk memperhatikan apa yang ada di atas muka bumi ini. Allah berfirman:

هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِن رِّزْقِهِ ۖ وَإِلَيْهِ النُّشُورُ ﴿١٥﴾

“Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (QS. Al-Mulk[67]: 15)
Maka berdasarkan ayat-ayat ini kita diperintahkan untuk mengambil pelajaran dari apa yang terjadi di atas muka bumi ini. Dan sekarang, saudara-saudara kita kaum muslimin, mereka ditimpa musibah gempa. Bahkan gempanya tersebut sangat dahsyat. Kemudian disusul lagi dengan gempa-gempa yang terkadang membuat mereka trauma dengan gempa. Maka disini harus benar-benar kita ambil pelajaran, hikmah dibalik musibah gempa ini. Sehingga kita benar-benar beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

GEMPA MERUPAKAN SALAH SATU TANDA KIAMAT
Banyaknya gempa merupakan tanda-tanda hari kiamat. Sebelum tahun-tahun belakangan ini, jarang mendenger terjadinya gempa. Namun sekarang, sering sekali kita mendengar berita-berita tentang gempa. Dan ini adalah salah satu tanda hari kiamat.
simak pemaparan lengkapnya semoga bermanfaat,
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS