Kajian kitab: Al Jam'u Baina Ash Shahihain Hadist No. 22 - 23 l Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
106 Dilihat
Keutamaan Seorang Muslim Seperti Pohon Kurma adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan الجمع بين صحيحين (Al-Jam’u Baina As-Sahihain), sebuah kitab yang berisi Kumpulan shahih Bukhari dan Muslim karya Syaikh Yahya bin Abdul Aziz Al-Yahya. Pembahasan ini disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. pada 29 Rabbi’ul Tsani 1440 H / 06 Januari 2019 M.

Pembahasan kali ini sampai pada hadits ke-23 halaman 12 pada kitab Al-Jam’u Baina As-Sahihain.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: كُنَّا عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: ” أَخْبِرُونِي بِشَجَرَةٍ تُشْبِهُ أَوْ كَالرَّجُلِ المُسْلِمِ، لاَ يَتَحَاتُّ وَرَقُهَا، تُؤْتِي أُكْلَهَا كُلَّ حِينٍ ” قَالَ ابْنُ عُمَرَ: فَوَقَعَ فِي نَفْسِي أَنَّهَا النَّخْلَةُ، وَرَأَيْتُ أَبَا بَكْرٍ، وَعُمَرَ لاَ يَتَكَلَّمَانِ، فَكَرِهْتُ أَنْ أَتَكَلَّمَ، فَلَمَّا لَمْ يَقُولُوا شَيْئًا، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «هِيَ النَّخْلَةُ» فَلَمَّا قُمْنَا قُلْتُ لِعُمَرَ: يَا أَبَتَاهُ، وَاللَّهِ لَقَدْ كَانَ وَقَعَ فِي نَفْسِي أَنَّهَا النَّخْلَةُ، فَقَالَ: مَا مَنَعَكَ أَنْ تَكَلَّمَ؟ قَالَ: لَمْ أَرَكُمْ تَكَلَّمُونَ، فَكَرِهْتُ أَنْ أَتَكَلَّمَ أَوْ أَقُولَ شَيْئًا، قَالَ عُمَرُ: لَأَنْ تَكُونَ قُلْتَهَا، أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ كَذَا وَكَذَا
Dari Abdullah bin Umar – semoga Allah meridhainya- ia berkata: “Kami berada di dekat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam lalu beliau bertanya: ‘Beritahukan padaku suatu pohon yang menyerupak seorang Muslim, daunnya tidak berguguran dan selalu berbuah setiap saat’ Ibnu Umar berkata: ‘Hatiku mengatakan bahwa pohon itu adalah pohon kurma. Tapi aku melihat Abu Bakar dan Umar tidak berbicara sehingga aku tidak mau berbicara’ Ketika tidak ada yang menjawab, maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Ia adalah pohon kurma.’ Ketika kami telah bangkit, aku berkata kepada ayahku: ‘Hai ayah, demi Allah, aku sudah menyangka dari awal tadi bahwa itu pohon kurma.’ Umar berkata: ‘Lalu kenapa kamu tidak berbicara?’ Aku berkata: ‘Karena aku melihat kalian saja tidak ada yang berani bicara? Maka aku juga segan’ Umar berkata: ‘Andai kau mengatakannya, itu lebih aku sukai dari ini dan ini.'”

Pada hadits ini Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam membuat teka-teki. Ini menunjukkan bahwa diantara tata cara ta’lim yaitu dengan cara bertanya dan mengasah otak muridnya. Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi wa Sallam membuat teka-teki bahwa ada sebuah pohon, pohon itu mirip seorang Muslim. Pohon apa itu?

Teka-teki ini termasuk mengasah kemampuan para Sahabat untuk memahami. Maka Nabi Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika melihat para Sahabat tidak ada yang menjawab, sementara Abdullah bin Umar yang masih kecil sudah menyangka bahwa itu kurma. Ini menunjukkan bahwa Abdullah bin Umar cerdas. Beliau tahu apa yang dimaksud pohon tersebut apa Tapi beliau sungkan karena melihat Abu Bakar dan Umar saja diam tidak menjawab. Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan bahwa pohon yang mirip dengan seorang Muslim itu adalah pohon kurma.
Selamat menyimak semoga bermanfaat.
Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/
Kategori
Ceramah Agama Islam Ustadz Abu Yahya Badrusalam
Label
ceramah pendek, ceramah singkat, rodjatv, radio rodja, kajian islam, kajian salaf, dakwah tauhid, ceramah

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar