Kajian kitab: Al Jam'u Baina Ash Shahihain Hadist No.14 l Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
67 Dilihat
Hadist Ke 14: "Orang Yang Berkata Sesungguhnya Iman Adalah Amal" adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan الجمع بين صحيحين (Al-Jam’u Baina As-Sahihain), sebuah kitab yang berisi Kumpulan shahih Bukhari dan Muslim karya Syaikh Yahya bin Abdul Aziz Al-Yahya. Pembahasan ini disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. pada 26 Shafar 1440 H / 04 November 2018 M.

Keyakinan ahlussunnah, bahwa amal termasuk iman. Dan bahwa amal bisa mempengaruhi keimanan. Dimana iman bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan. Ini keyakinan seluruh ahlussunnah wal jama’ah.

Murji’ah menyelisihi keyakinan ini. Dimana Murji’ah mengatakan bahwa amal tidak termasuk iman. Orang Murji’ah mengatakan bahwa amal tidak mempengaruhi iman. Menurut mereka, iman tidak bertambah dan tidak berkurang. Amal shalih tidak menambah keimanan. Maksiat pun tidak mengurangi keimanan. Inilah keyakinan Murji’ah.

Adapun ahlussunnah wal jama’ah meyakini bahwa amal termasuk iman. Namun tentunya amal memiliki derajat-derajat. Ada amal yang termasuk pokok iman. Apabila kehilangan amal tersebut menyebabkan iman itu hilang sama sekali. Seperti iman kepada Allah, malaikatNya, kitab-kitabNya, para RasulNya, maka ini merupakan pokok iman. Ada lagi amal yang merupakan kesempurnaan iman. Yaitu amal-amal yang sifatnya wajib. Maka amal yang sifatnya wajib merupakan kesempurnaan iman. Apabila amal yang sifatnya wajib ini yang ditinggalkan, maka kita akan kehilangan kesempurnaan iman. Namun tidak hilang sama sekali.
simak penjelasan selanjutnya semoga bermanfaat.
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/
Kategori
Ustadz Abu Yahya Badrusalam
Label
ceramah agama, al barkah, kajian kita, al jam'u baina ash shahihain, kajian salaf, ceramah, rodjatv, radio rodja, salafy, dakwah islam, dakwah tauhid, rodja, manhaj, kajian masjid albarkah

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar