Kajian kitab: Al Jam'u Baina Ash Shahihain Hadist No.17 l Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
270 Dilihat
Keutamaan Orang Yang Masuk Islam dari Ahlul Kitab adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan الجمع بين صحيحين (Al-Jam’u Baina As-Sahihain), sebuah kitab yang berisi Kumpulan shahih Bukhari dan Muslim karya Syaikh Yahya bin Abdul Aziz Al-Yahya. Pembahasan ini disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. pada 24 Rabbi’ul Awwal 1440 H / 02 Desember 2018 M.

Pembahasan kali ini sampai pada hadits ke-17 halaman 10 pada kitab Al-Jam’u Baina As-Sahihain. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ لَهُمْ أَجْرَانِ : رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ الكِتَابِ ، آمَنَ بِنَبِيِّهِ وَآمَنَ بِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَالعَبْدُ المَمْلُوكُ إِذَا أَدَّى حَقَّ اللَّهِ وَحَقَّ مَوَالِيهِ ، وَرَجُلٌ كَانَتْ عِنْدَهُ أَمَةٌ فَأَدَّبَهَا فَأَحْسَنَ تَأْدِيبَهَا ، وَعَلَّمَهَا فَأَحْسَنَ تَعْلِيمَهَا ، ثُمَّ أَعْتَقَهَا فَتَزَوَّجَهَا فَلَهُ أَجْرَانِ ، ثُمَّ قَالَ عَامِرٌ : أَعْطَيْنَاكَهَا بِغَيْرِ شَيْءٍ ، قَدْ كَانَ يُرْكَبُ فِيمَا دُونَهَا إِلَى المَدِينَةِ
“Ada tiga orang yang akan mendapat pahala dua kali; seseorang dari Ahlul Kitab yang beriman kepada Nabinya dan beriman kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, dan seorang hamba sahaya yang menunaikan hak Allah dan hak tuannya. Dan seseorang yang memiliki hamba sahaya wanita lalu dia memperlakukannya dengan baik, mendidiknya dengan baik, dan mengajarkan kepadanya dengan sebaik-baik pengajaran, kemudian membebaskannya dan menikahinya, maka baginya dua pahala”. Berkata ‘Amir: “Aku berikan permasalahan ini kepadamu tanpa imbalan, dan sungguh telah ditempuh untuk memperolehnya dengan menuju Madinah”

‘Amir pada hadits ini adalah Amir bin Syurahbil yang dikenal dengan asy-Sya’bi. Beliau adalah ulama tabi’in yang pertama kali memeriksa sanad di Iraq.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Ada tiga orang yang mendapatkan dua pahala.’ Kata-kata ‘tiga orang’ pada hadits ini, apakah pembatasan atau bukan? Jawab, bukan! Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadang menyebutkan ada tiga orang, ada empat orang, tapi ternyata itu tidak membatasi. Dan itubanyak sekali.

Disebutkan dalam hadits ini ada tiga orang yang mendapatkan dua pahala. Yaitu:

Ahli kitab yang beriman kepada Nabinya eriman kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Hamba sahaya yang melaksanakan hak Allah dan hak majikannya.
Orang yang memiliki budak wanita lalu ia ajarkan, ia bimbing, ia merdekakan, lalu ia nikahi.
Tapi dalam hadits yang lain disebutkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan ada selain ini yang mendapatkan dua pahala. Contohnya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أجْرَانِ
“Orang yang mahir membaca Al-Qur’an, dia berada bersama para malaikat yang terhormat dan orang yang terbata-bata di dalam membaca Al-Qur’an serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala” (HR. Muslim)

Contoh lagi, ayat dalam surat al-Ahzab ayat-31 Allah berfirman:

وَمَنْ يَّقْنُتْ مِنْكُنَّ لِلّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَتَعْمَلْ صَالِحًا نُّؤْتِهَآ اَجْرَهَا مَرَّتَيْنِۙ وَاَعْتَدْنَا لَهَا رِزْقًا كَرِيْمًا
“Dan barangsiapa di antara kamu (istri-istri Nabi) tetap taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan mengerjakan kebajikan, niscaya Kami berikan pahala kepadanya dua kali lipat dan Kami sediakan rezeki yang mulia baginya.” (QS. Al-Ahzab[33]: 31).
Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/
Kategori
Ceramah Agama Islam Ustadz Abu Yahya Badrusalam
Label
badrusalam, ceramah agama islam, rodjatv, radio rodja, kajian salaf, ceramah pendek, ceramah singkat, dakwah islam, dakwah tauhid, manhaj salaf, ceramah agma, ustadz abu yahya, ustadz badru, badrusalamkeutamaan, kafir, munafik, mualaf, kisah mualaf, kajian islam, ustadz mualaf

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar