RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Keterkaitan Tauhid Uluhiyah & Rububiyah (Al-Irsyad Shahihil Itiqad) Ustadz Abu Haidar as Sundawy

Video Unggulan

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Abu Haidar As-Sundawy
259 Dilihat

Deskripsi

Keterkaitan Tauhid Rububiyah dan Uluhiyah merupakan rekaman ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy dalam pembahasan Kitab Al-Irsyad Ila Shahihil I’tiqad karya Syaikh Shalih Fauzan hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada 25 Muharram 1440 H / 05 Oktober 2018 M.

KAJIAN TENTANG HUBUNGAN ANTARA TAUHID RUBUBIYAH DAN ULUHIYAH – KITAB AL-IRSYAD ILA SHAHIHIL I’TIQAD
Kita sudah membahas dua jenis tauhid. Yaitu Tauhid rububiyah dan uluhiyah. Adakah keterkaitan antara dua tauhid ini? Tentu saja ada dan tidak bisa dipisahkan. Dari tauhid rububiyah, harus wajib melahirkan tauhid Al-Ilahiyyah walaupun tidak semua manusia yang memiliki tauhid rububiyah lalu memiliki juga tauhid uluhiyah. Tapi seharusnya begitu. Sikap yang logis, setiap kali seseorang memiliki tauhid rububiyah, seharusnya dia memiliki tauhid uluhiyah. Karena siapa yang meyakini Allah satu-satunya pencipta, pengatur seluruh kehidupan, raja yang menguasai seluruh alam, yang menghidupkan dan mematikan, yang memberikan maslahat dan mudzarat, semua itu tauhid rububiyah. Siapa yang meyakini Allah satu-satunya pengatur seluruh alam ini, seharusnya dia hanya menyembah Allah semata dan tidak menyekutukan Dia dengan yang lain. Inilah sikap yang sangat logis.

Berdasarkan hal itu, setiap tauhid uluhiyah didalamnya sudah terkandung tauhid rububiyah. Siapa orang yang beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatupun, pasti orang itu berkeyakinan Allah lah satu-satunya pencipta, satu-satunya pemberi rizki, satu-satunya yang mengatur seluruh alam dan seluruh kehidupan ini. Keyakinan rububiyah melahirkan tauhid uluhiyah.

Perhatikanlah apa yang diucapkan oleh Ibrahim kepada raja Namrud yang sangat berkuasa ketika itu mengaku dirinya sebagai tuhan yang harus disembah. Raja Namrud itu mengaku sebagai tuhan dan juga menyembah berhala-berhala yang mereka sembah. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
قَالَ أَفَرَأَيْتُم مَّا كُنتُمْ تَعْبُدُونَ ﴿٧٥﴾ أَنتُمْ وَآبَاؤُكُمُ الْأَقْدَمُونَ ﴿٧٦﴾ فَإِنَّهُمْ عَدُوٌّ لِّي إِلَّا رَبَّ الْعَالَمِينَ ﴿٧٧﴾ الَّذِي خَلَقَنِي فَهُوَ يَهْدِينِ ﴿٧٨﴾ وَالَّذِي هُوَ يُطْعِمُنِي وَيَسْقِينِ ﴿٧٩﴾ وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ ﴿٨٠﴾ وَالَّذِي يُمِيتُنِي ثُمَّ يُحْيِينِ ﴿٨١﴾ وَالَّذِي أَطْمَعُ أَن يَغْفِرَ لِي خَطِيئَتِي يَوْمَ الدِّينِ ﴿٨٢﴾
“Ibrahim berkata: “Maka apakah kamu telah memperhatikan apa yang selalu kamu sembah, kamu dan nenek moyang kamu yang dahulu?, karena sesungguhnya apa yang kamu sembah itu adalah musuhku, kecuali Allah Rabb Semesta Alam, (yaitu Tuhan) Yang telah menciptakan aku, maka Dialah yang menunjuki aku, dan Tuhanku, Yang Dia memberi makan dan minum kepadaku, dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku, dan Yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali), dan Yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat“.” (QS. Asy-Syu’ara[26]: 82)
Semua perkataan Nabi Ibrahim dalam ayat di atas adalah keyakinan yang termasuk dalam tauhid rububiyah. Itulah yang menjadi alasan Nabi Ibrahim untuk hanya menyembah Allah Azza wa Jalla. Jadi, tauhid uluhiyah lahir dari adanya tauhid rububiyah. Kita sudah terangkan bahwa tauhid rububiyah adalah meyakini Allah satu-satunya pencipta, satu-satunya raja, satu-satunya pemberi rizki, satu-satunya pengatur kehidupan. Dari keyakinan inilah lahir keyakinan jika Allah satu-satunya pencipta, satu-satunya raja, satu-satunya pemberi rizki, satu-satunya pengatur kehidupan, maka Allah pula lah satu-satunya yang harus diibadahi. Menyembah hanya kepada Allah adalah tauhid uluhiyah. Inilah keterkaitan yang amat sangat jelas.
Selamat menyimak semoga bermanfaat.

___
Gabung dan subscribe di media sosial Rodja TV:
Youtube: youtube.com/rodjatv/
Facebook: facebook.com/Rodja-TV-645146105580925
Twitter: twitter.com/rodjatv
Google+: google.com/+rodjatv
Situs web: http://rodja.tv
Live stream (primer): http://live.rodja.tv
Live stream Youtube: http://live2.rodja.tv (redirect)
Rodja TV melalui satelit: Satelit Palapa D, Frekuensi: 4057, Symbol Rate: 2727, Polaritas: H (Horizontal), Video PID: 106, Audio PID: 107, PCR PID: 106
Outlet Rodja untuk jasa pemasangan parabola: http://rodja.tv/outlet

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS