RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Khilafah Al Khulafaur Rasyidin - Al Ibanah (Ustadz DR. Muhammad Nur Ihsan, MA)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Ustadz Muhammad Nur Ihsan
50 Dilihat

Deskripsi

Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Kitab Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah karya Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 9 Ramadhan 1439 H/ 25 Mei 2018 M.
KAJIAN TENTANG KEPEMIMPINAN KHULAFAUR RASYIDIN – KITAB AL-IBANAH
Telah dijelaskan sebelumnya, bagaimana Abu Bakar as-Sidiq radhiyallahu ‘anhu dipilih menjadi khalifah setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Demikian itu karena beliau adalah orang yang paling utama dan yang paling pantas setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdasarkan keutamaan dan kemuliaan yang beliau miliki dan juga sebagaimana yang diyakini dan disepakati oleh para sahabat dari kalangan muhajirin dan anshar. Begitu juga dalam banyak kesempatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam memberikan amanah kepada beliau untuk memimpin umat. Bahkan juga menginstruksikan kepada orang-orang kepada beliau jika mereka tidak menemukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka hendaklah sepeninggal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mereka datang kepada Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu.

Maka tidak diragukan bahwa aqidah ahlussunnah wal jama’ah, aqidah golongan yang selamat, mereka meyakini keutamaan Abu Bakar dan juga kepemimpinan atau khilafah Abu Bakar as-Sidiq. Tidak ada yang menyelisihi kaum muslimin yang menyelisihi hal ini kecuali sekte rofidhoh. Bahkan syiah rofidhoh mengkafirkan seluruh para sahabat kecuali segelintir dari mereka bahkan mereka mengatakan bahwa orang yang paling hina dalam umat Islam ini adalah Abu Bakar. Kita berlindung kepada Allah dari keyakinan mereka yang sungguh telah menyelisihi aqidah kaum muslimin dan menyelisihi Al-Qur’an dan Sunnah.
Diantara dalil yang menjelaskan khilafah Abu Bakar as-Sidiq radhiyallahu ‘anhu adalah ijma’ kaum muslimin. Mereka telah sepakat bahwa Abu Bakar as-Sidiq adalah sebagai khalifah setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka memanggil Abu Bakar as-Sidiq dengan “khalifah”.

Diantara hal yang menjelaskan kepemimpinan Abu Bakar as-Sidiq yaitu kaum muslimin seluruhnya telah membaiat beliau dan tunduk kepada kepemimpinannya. Dan kita juga mendapatkan bahwa Ali bin Abi Thalib dan juga Abbas radhiyallahu ‘anhum juga ikut berbaiat dan telah mengakui akan kepemimpinan Abu Bakar as-Sidiq radhiyallahu ‘ahnu.

Jika kaum rofidoh mengatakan bahwa Ali yang telah ditunjuk untuk menjadi khalifah sepeninggal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan sekte Ar Rawandiyah mengatakan bahwa Abbas yang telah ditunjuk atau ditentukan untuk menjadi khalifah, tentu ini merupakan aqidah yang menyimpang dari Islam.

selamat menyimak semoga bermanfaat.
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS