RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Konsultasi Kesehatan: Manfaat dan Khasiat Mentimun (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji
112 Dilihat

Deskripsi

Video berikut adalah dokumentasi dari program Pengobatan Klasik dan Thibbun Nabawi yang diasuh oleh Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji, di mana masih pada seri pembahasan manfaat dan khasiat buah. Pembahasan “Manfaat dan Khasiat Mentimun” pada kesempatan kali ini merupakan tayangan live Rodja TV pada Rabu pagi, 30 Sya’ban 1436 / 17 Juni 2015, pukul 10:00-11:30 WIB.

Seri Manfaat dan Khasiat Buah-buahan
Manfaat dan Khasiat Mentimun

Pembahasan kita kali ini masih menyangkut pembahasan tentang buah. Kita akan membahas tentang buah mentimun, di mana buah ini merupakan buah yang tidak asing lagi di negeri kita. Dan buah mentimun ini tanaman tropis yang asli dari Asia Tenggara. Dan tanaman yang tumbuhnya menjalar atau terkadang dibuat memanjat di pagar ini, yang batangnya berbulu halus, panjangnya sampai 3 meter, kemudian daunnya berbentuk lekuk tangan, bunganya berwarna kuning, dan buahnya panjang.

Jenis mentimun ini sangat banyak di pasaran, ada timun biasa, timun krai, timun wuku, timun poan, dan timun watang. Artinya, timun ini banyak varietasnya. Dan secara umum, mentimun ini ada yang berwarna hijau muda dan ada yang berwarna hijau tua. Kemudian pada timun itu terdapat lilin putih yang alami. Bijinya banyak, bentuknya lonjong dan runcing, pipih, warnanya putih agak kotor.

Akan tetapi secara garis besar, mentimun ini dibagi menjadi 2, yaitu mentimun yang kulit buahnya berbintil-bintil kecil yang biasa digunakan sebagai lalapan (dan pada bagian pangkalnya juga terdapat bintil kecil) dan mentimun krai yang kulit buahnya mulus, yang warnanya hijau keputihan dan ada yang berwarna hijau pekat, daging buahnya tebal berwarna putih kehijauan.

Adapun timun ini biasa tumbuh di tanah dengan ketinggian 1 meter sampai 1.000 meter di atas permukaan laut. Artinya dari pantai maupun di dataran tinggi, maka timun ini bisa ditanam, dengan suhu kurang lebih antara 17-20 derajat Celcius, dengan kelembapan sedang, dan penyinaran yang sedang sampai dengan tinggi. Dan biasanya tanah yang biasa digunakan untuk menanam adalah tanah bertekstur lempung, dengan kedalaman air kurang lebih 50 cm dari permukaan tanah.

Timun ini yang biasa digunakan oleh para pengobat klasik adalah daun, buah, biji, tangkai, dan akarnya. Di mana daunnya bermanfaat untuk daya sebar dan dipetik sewaktu tanaman berbunga dan sebelum buahnya menjadi masak. Sebelum buah timun menjadi masak dan hendak dipanen, maka daunnya bisa dikumpulkan kemudian dimanfaatkan sebagai obat, tentunya setelah tidak terkena curahan air hujan. Buahnya juga digunakan untuk mengatasi energi vital yang melemah.

Simak berbagai manfaat timun melalui pemaparan dari Sinse Abu Muhammad ini yang insya Allah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita untuk dapat beribadah kepada Allah.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=14415
Rodja.TV: http://rodja.tv/956

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS