RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Konsultasi Kesehatan: Manfaat dan Khasiat Rambutan dan Semangka (Sinse Abu Muhammad)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji
120 Dilihat

Deskripsi

Silakan saksikan kembali video dari program Pengobatan Klasik dan Thibbun Nabawi, yang diasuh oleh Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji. Pada kesempatan yang lalu telah dibahas tentang Manfaat dan Khasiat Pisang, kemudian pada kesempatan yang ditayangkan live di Rodja TV pada Rabu pagi, 27 Syawwal 1436 / 12 Agustus 2015, pukul 10:00-11:30 WIB ini, pembahasan seri Manfaat dan Khasiat Buah-buahan berlanjut kepada “Manfaat dan Khasiat Rambutan dan Semangka“.

Seri Manfaat dan Khasiat Buah-buahan
Manfaat Rambutan

Rambutan adalah tanaman yang berasal dari Indonesia dan Malaysia, maka dari itu rambutan ini jarang didapat di tempat-tempat lain, misal di Taiwan dan Tionghoa. Kemudian, rambutan yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini yang biasa digunakan adalah buah, biji, kulit buah, dan daunnya. Kulit rambutan rasanya pahit dan sifatnya dingin berkhasiat untuk menurunkan panas. Biji rambutan yang memiliki rasa sedikit pahit bermanfaat untuk menguatkan jantung dan menurunkan gula darah. Dan pada penelitian, rambutan banyak mengandung kandungan-kandungan yang bermanfaat bagi tubuh di antaranya buahnya memiliki kandungan gula di mana per 100 gram daging buahnya mengandung glukosa, fruktosa, sukrosa, serat, karbohidrat, protein, vitamin C, thiamin, niasin, riboflavin, juga banyak mineral kalium serta kalsium sehingga wajar bila buat rambutan baik untuk tulang dan gigi. Kemudian kulit buah rambutan juga mengandung tanin dan saponin.

Buah rambutan itu sendiri digunakan untuk meningkatkan stamina dan menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Akan tetapi rambutan ini tidak dianjurkan pemakaiannya dalam jangka waktu yang lama, di mana memakan terlalu banyak buah rambutan akan membuat peruh menjadi penuh.

Manfaat Semangka
Semangka yang memiliki nama Citrullus vulgaris ini, banyak orang menduga dia berasal dari daerah tropis dan subtropis Afrika, di mana semangka ini tumbuh liar di tepi jalan, padang belukar, kadang tumbuh di daratan pantai, atau di kebun pekarangan. Sebagai tanaman buah, semangka ini dapat ditemukan di dataran rendah sampai pada ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Semangka yang sering digunakan adalah buahnya dan kulit buah semangka terutama yang putih. Adapun bagian yang bisa digunakan adalah kulit yang putih, daging buah, serta bijinya, di mana kulit dan daging buahnya memiliki sifat yang dingin dan rasa yang manis, sementara bijinya memiliki sifat yang netral. Dan semangka ini sangat bagus untuk organ jantung, lambung, dan kantong kemih.

Dinginnya semangka ini bisa dimanfaatkan untuk penyejuk; menghilangkan rasa haus, menyejukkan badan, meluruhkan kemih, mengatasi peradangan. Panas pada tubuh ini dibagi menjadi beberapa kategori, kategori pertama yakni ketika seseorang lemah dikarenakan panas menyerang energi vital kemudian orang tersebut lesu / lemah, atau panas yang menyerang cairan (terjadinya dehidrasi), atau panas yang menyerang darah (terjadinya pendarahan), atau panas yang menyebabkan seseorang menjadi radang, maka semangka ini sampai pada tahapan yang anti-radang, bisa mengatasi letih dikarenakan terlalu panas, dehidrasi / kekurangan cairan, pendarahan (mimisan, dst), dan peradangan. Dan semangka juga merupakan obat pelumas usus, menghilangkan haus, mengatasi diare, menyejukkan badan, meningkatkan keluarnya urine, serta semangka efektif untuk membersihkan ginjal.

Mari simak uraian macam-macam manfaat rambutan dan manfaat semangka serta sesi konsultasi kesehatan bersama Sinse Abu Muhammad yang insya Allah sangat bermanfaat.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=15276
Rodja.TV: http://rodja.tv/1356

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS