RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Manhaj - Kacamata Islam

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Kacamata Islam Manhaj
51 Dilihat

Deskripsi

Di tengah keberagaman pemahaman dalam agama Islam, sering kali masyarakat dibingungkan dengan sebuah istilah yang belum mereka pahami dengan baik. Akibatnya, muncullah anggapan-anggapan dan prasangka kepada orang yang menggunakan istilah tersebut.

Di antara istilah yang cukup populer di kalangan umat Islam, namun kurang dipahami dengan baik adalah istilah 'manhaj', terlebih lagi jika disandingkan dengan kata 'Salaf', yang terlahir menjadi sebuah istilah "manhaj Salaf". Sebagian orang masih sangat awam dengan istilah ini, namun sebagian ada yang sudah memahaminya.

Berbicara tentang manhaj dalam beragama, tentu kita dapati di zaman sekarang telah muncul begitu banyak aliran dan kelompok yang mengaku berada di bawah manhaj yang benar. Tidak sedikit pula yang mengklaim bahwa kelompoknyalah yang paling mengikuti manhaj para nabi dan rasul dalam dakwahnya.

Hal ini tentunya membuat masyarakat bingung harus memilih yang mana. Lantas manhaj seperti apakah yang harus kita ikuti dalam beragama?

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُم بِإِحْسَانٍ رَّضِيَ اللَّـهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ... ﴿التوبة : ١٠٠﴾
"Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah ..." (QS At-Taubah [9]: 100)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّهَا سَتَكُونُ فِتْنَةٌ . قَالُوا : فَكَيْفَ لَنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ ؟ أَوْ كَيْفَ نَصْنَعُ ؟ قَالَ : تَرْجِعُونَ إِلَى أَمْرِكُمُ الأَوَّلِ
""Nanti akan muncul fitnah-fitnah." Para sahabat bertanya, "Bagaimana keadaan kami, wahai Rasulullah?" atau "Apa yang harus kami lakukan?" Rasulullah bersabda, "Kembalilah kalian kepada urusan kalian yang pertama."" (HR Ath-Thahawi)

Narasumber:
Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

---------
Saksikan "Kacamata Islam", setiap Ahad malam, pukul 20:00 WIB
Hanya di Rodja TV

http://rodja.tv/6542

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS