RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Netizen - Kacamata Islam

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Kacamata Islam
76 Dilihat

Deskripsi

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern ini, seiring itu pula banyak perkembangan budaya dan pergaulan yang mengalami perubahan begitu pesatnya. Di era modern ini, begitu mudahnya informasi atau tren-tren budaya luar negeri masuk melalui berbagai media, elektronik maupun Internet, yang begitu mudah diakses oleh kaum muda maupun tua, bahkan anak-anak sekali pun.

Di episode kali ini, Kacamata Islam akan menatap sebuah masalah dalam sudut pandang Islam tentang Netizen.

Netizen merupakan istilah yang dibentuk dari kata 'net' yaitu 'Internet' dan 'citizen' yang berarti warga. Jika disatukan, artinya kurang lebih "warga Internet" atau "masyarakat dunia Internet". Maka didapat netizen adalah pengguna Internet yang berpartisipasi aktif, komunikasi, mengeluarkan, berkolaborasi, dan lain-lain dalam media Internet. Lalu siapakah netizen ini?

Netizen adalah siapa saja yang mengakses dan menggunakan Internet mulai dari ABG yang mobile chatting, menggunakan Facebook, WhatsApp, ataupun media sosial lainnya hingga kalangan mahasiswa yang bersuara kritis melalui media blog, maupun kaum dewasa dan tua yang mengakses Facebook dan aktivis social media lainnya, termasuk dalam kategori netizen.

Sebagian kesibukan para netizen, ada yang sibuk dengan posting-an yang bermanfaat, dari mulai sharing ilmu-ilmu Islam maupun info kesehatan, dll. Namun ada juga sebagian netizen melakukan posting-an yang tidak bermanfaat, bahkan cenderung memprovokasi / memecah belah, seperti ungkapan kekesalah ataupun celaan kepada orang lain, bahkan tak jarang juga masalah pribadinya, dari urusan dapur hingga ke urusan kasur, tanpa memperhatikan mashlahat dan mudharatnya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ ﴿الحجرات : ٦﴾
"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu." (QS Al-Hujurat [49]: 6)

Narasumber:
Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

---------
Saksikan "Kacamata Islam", setiap Ahad malam, pukul 20:00 WIB dan Sabtu siang, pukul 13:00 WIB
Hanya di Rodja TV

http://rodja.tv/823

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS