Panduan Amal Sehari Semalam: Adab Ketika Bermimpi l Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
36 Dilihat
Adab Ketika Bermimpi adalah ceramah agama Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya.

Mimpi adalah sesuatu yang biasa dialami dan bahkan sering kita alami. Terkadang seseorang dibuat gundah oleh mimpi buruk yang dilihatnya didalam tidur. Dia merasa khawatir bahwa mimpi itu akan menjadi kenyataan. Atau paling tidak bahwa itu merupakan pertanda buruk dalam kehidupannya. Maka diapun menjadi cemas.

Beberapa orang jahil atau orang awam sering tergesa-gesa didalam menakbirkan mimpi. Bahkan yang membuat heran adalah bahwa takbir mimpi ini terkadang benar-benar terjadi.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa mimpi terbagi menjadi tiga.

“Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.” (HR. Bukhari)

Syariat Islam telah memberikan kepada kita tuntunan berkaitan dengan tiga jenis mimpi tersebut.

Pertama, menyikapi mimpi yang baik. Ini adalah kabar gembira yang disegerakan oleh Allah subahanahu wa ta’ala. Sikap seorang muslim dalam hal ini adalah memuji Allah subhanahu wa ta’ala atas mimpi yang dilihatnya itu.

Kita tahu bahwa mimpi ini tidak boleh menjadi dasar hukum. Tidak boleh membangun apapun atas dasar mimpi. Apalagi mimpi yang berkaitan dengan hal-hal syariat.
Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/
Kategori
Ceramah Agama Islam
Label
CERAMAH, rodjatv, radio rodja, kajian islam, dakwah tuhid, manhaj salaf, ceramah agama islam, dakwah tauhid, manahj salaf, adab ketika bermimpi, panduan amal sehari semalam, adab bermimpi, adab

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar