Prinsip Dasar Islam: Al Wala Wal Bara l Ustadz Fachrudin Nu'man, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
34 Dilihat
Al Wala Wal Bara merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc. dalam pembahasan Kitab Prinsip Dasar Islam karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzahullahu ta’ala.

Ketiga belasAL-WALA' WAL BARA'

A. DEFINISI 'AQIDAHAL-WALA' DAN AL-BARA

Al-Wala' dalam bahasa Arab mempunyai beberapa arti, antara lain: mencintai, menolong, mengikuti, mendekat kepada sesuatu. Selanjutnya, kata al-muwaalaah, adalah lawan kata dari al-mu'aadaah, atau al-'adaawah yang berarti permusuhan. Dan kata al-wali adalah lawan kata dari al-aduww yang berarti musuh. Kata ini juga digunakan untuk makna memantau, mengikuti dan berpaling. Jadi, ia merupakan kata yang mengandung dua arti yang saling berlawanan.

Dalam terminologi syari'at Islam, al-wala' berarti penyesuaian diri seorang hamba terhadap apa yang disukai dan diridhai Allah berupa perkataan, perbuatan, kepercayaan dan orang. Jadi ciri utama wali Allah adalah mencintai apa yang dicintai Allah dan membenci apa yang dibenci Allah, ia condong dan melakukan semua itu dengan penuh komitmen.

Sedangkan kata al-bara' dalam bahasa Arab mem- punyai banyak arti, antara lain menjauhi, membersihkan diri, melepaskan diri dan memusuhi. Kata bari-a ( berarti membebaskan diri dari melaksanakan kewajiban- nya terhadap orang lain. Sebagaimana firman Allah:

بَرَاۤءَةٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖٓ اِلَى الَّذِيْنَ عَاهَدْتُّمْ مِّنَ الْمُشْرِكِيْنَۗ - ١

"(Inilah pernyataan) pemutusan hubungan dari Allah dan Rasul-Nya kepada orang-orang musyrik yang kamu (kaum muslimin) mengadakan perjanjian (dengan mereka)." (QS. At-Taubah: 1)

Maksudnya, membebaskan diri dengan peringatan tersebut.

Dalam terminologi syari'at Islam, al-bara' berarti penyesuaian diri seorang hamba terhadap apa yang dibenci dan dimurkai Allah, berupa perkataan, per buatan, keyakinan dan kepercayaan serta orang. Jadi, ciri utama al-bara' adalah membenci apa yang dibenci Allah secara terus-menerus dan penuh komitmen. Maka, cakupan makna al-wala' adalah apa yang dicintai Allah, sedangkan cakupan makna al-bara' adalan apa yang dibenci Allah.
Kategori
Ceramah Agama Islam Ustadz Fachrudin Nu'man
Label
kajian islam, ceramah agama islam, ustadz fachrudin nu'man, al wala wal bara, ceramah agama, kajian sunnah

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar