Prinsip Dasar Islam: Hak-Hak Al-Bara l Ustadz Fachrudin Nu'man, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
75 Dilihat
Al-Wala Wal Bara (Hak hak Al Bara) merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc. dalam pembahasan Kitab Prinsip Dasar Islam karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzahullahu ta’ala.

HAK-HAK AL-BARA

Ahlus Sunnah memandang bawa dala al-bara (berlepas diri dari kekufuran) terdapat hak-hak yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Membenci syirik dan kufur beserta penganut-penganutnya dan senantiasa berlepas diri terhadap mereka. Sebagaimana firman Allah Ta'ala:

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهِيْمُ لِاَبِيْهِ وَقَوْمِهٖٓ اِنَّنِيْ بَرَاۤءٌ مِّمَّا تَعْبُدُوْنَۙ - ٢٦

Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata kepada ayahnya dan kaumnya, “Sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu sembah,

اِلَّا الَّذِيْ فَطَرَنِيْ فَاِنَّهٗ سَيَهْدِيْنِ - ٢٧

kecuali (kamu menyembah) Allah yang menciptakanku; karena sungguh, Dia akan memberi petunjuk kepadaku.”
(QS: Az-Zukhruf: 26-27)

2. Tidak menjadikan orang kafir sebagai pemimpin. Allah Ta'ala Berfirman:
......يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوْا عَدُوِّيْ وَعَدُوَّكُمْ اَوْلِيَاۤءَ تُلْقُوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ
"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan musuh-Ku dan musuhmu sebagai teman-teman setia sehingga kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih sayang..."
(QS. Al-Mumtahanah:1)

3. Meninggalkan negeri-negeri kafir dan tidak berpergian kesana kecuali untuk keperluan darurat dengan kesanggupan memperhatikan syi'ar-syi'ar agama dan tanpa ada pertentangan.

Rasulullah salallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
"Aku melepaskan diri dari tanggung jawab terhadap setiap muslim. yang bermukmin (berdomisili)di tengah-tengah kaum Musyrikin" (HR. Abu Dawud no. 2654)

4. Tidak menyerupai orang kafir pada apa yang telah menjadi ciri khas mereka dalam masalah dunia (seperti gaya makanan dan minum) dan juga ciri khasnya yang berkaitan dengan agama.

dan masih banyak lagi hal-hal yang berkaitan dengan masalah Al-bara selamat menyimak semoga bermanfaat.

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar