Raudhatul 'Uqala: Anjuran Berteman dengan Orang Shalih l Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
21 Dilihat
Anjuran Mengunjungi Teman-Teman Yang Shalih merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Raudhatul Uqala wa Nuzhatul Fudhala (tamannya orang-orang yang berakal dan tamasyanya orang-orang yang mempunyai keutamaan) karya Abu Hatim Muhammad ibnu Hibban al Busty rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 20 Rabbi’ul Awwal 1440 H / 28 November 2018 M.

Ini adalah anjuran untuk berkunjung kepada teman-teman yang shalih dan memuliakan mereka. Manusia adalah makhluk sosial, ia butuh teman, dia butuh orang lain yang hidup bersamanya. Maka tentu seorang yang berakal berusaha untuk mencari teman yang shalih. Sebagaimana telah kita bahas. Ketika kita memiliki teman, maka kita usahakan supaya kita bisa saling berkunjung, saling bertemu, terlebih apabila teman tersebut adalah teman yang shalih, yang memberikan kepada kita faidah-faidah ilmu, atau bertambahnya iman dan yang lainnya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:


أنَّ رجلًا زارَ أخًا لَهُ في قريةٍ أخرى ، فأرصدَ اللَّهُ لَهُ على مَدرجَتِهِ ملَكًا فلمَّا أتى عليهِ ، قالَ : أينَ تريدُ ؟ قالَ : أريدُ أخًا لي في هذِهِ القريةِ ، قالَ : هل لَكَ عليهِ من نعمةٍ تربُّها ؟ قالَ : لا ، غيرَ أنِّي أحببتُهُ في اللَّهِ عزَّ وجلَّ ، قالَ : فإنِّي رسولُ اللَّهِ إليكَ ، بأنَّ اللَّهَ قد أحبَّكَ كما أحببتَهُ فيهِ

“Pernah ada seseorang pergi mengunjungi saudaranya di daerah yang lain. Lalu Allah pun mengutus Malaikat kepadanya di tengah perjalanannya. Ketika mendatanginya, Malaikat tersebut bertanya: “engkau mau kemana?”. Ia menjawab: “aku ingin mengunjungi saudaraku di daerah ini”. Malaikat bertanya: “apakah ada suatu keuntungan yang ingin engkau dapatkan darinya?”. Orang tadi mengatakan: “tidak ada, kecuali karena aku mencintainya karena Allah ‘azza wa jalla”. Maka malaikat mengatakan: “sesungguhnya aku diutus oleh Allah kepadamu untuk mengabarkan bahwa Allah mencintaimu sebagaimana engkau mencintai saudaramu karena-Nya“ (HR. Muslim)

Hadits ni menunjukkan bahwa mengunjungi teman kita yang shalih dengan tujuan karena memang kita mencintai dia karena Allah bukan karena kepentingan dunia, bukan karena mengharapkan dunia dari dia, maka itu menyebabkan Allah akan mencintai kita.
Kategori
Ceramah Agama Islam Ustadz Abu Yahya Badrusalam
Label
dakwah, berteman, teman sahabat, ustadz abu yahya badrusalam

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar