Raudhatul 'Uqala: Bergaul Degan baik Terhadap Manusia l Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
32 Dilihat
Mudah Bergaul dengan Pergaulan Yang Baik merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Raudhatul Uqala wa Nuzhatul Fudhala (tamannya orang-orang yang berakal dan tamasyanya orang-orang yang mempunyai keutamaan) karya Abu Hatim Muhammad ibnu Hibban al Busty rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 1 Shafar 1440 H / 10 Oktober 2018 M.

KAJIAN TENTANG MUDAH BERGAUL DENGAN PERGAULAN YANG BAIK – KITAB RAUDHATUL UQALA WA NUZHATUL FUDHALA
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

‎ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻣَﺴْﻌُﻮﺩٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ – ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ،ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﻻَ ﺃُﺧْﺒِﺮُﻛُﻢْ ﺑِﻤَﻦْ ﺗُﺤَﺮَّﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ؟ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻫَﻴِّﻦٍ، ﻟَﻴِّﻦٍ، ﻗَﺮِﻳﺐٍ، ﺳَﻬْﻞٍ
“Maukah kalian aku tunjukkan orang yang Haram baginya tersentuh api neraka?” Para sahabat berkata, “Mau, wahai Rasulallah!” Beliau menjawab: “(yang Haram tersentuh api neraka adalah) orang yang Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl.” (H.R. At-Tirmidzi dan Ibnu Hiban).

Dalam hadits ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan ada empat orang yang diharamkan atas api neraka. Siapa dia?

Hayyin, yaitu orang yang tawadhu, tidak sombong, tidak merasa angkuh, tidak ujub.

Layyin, lembut. Yaitu lembut dan tidak kasar.

Qarib, dekat dengan manusia. Artinya manusia merasa senang untuk mendekatinya. Karena jika ada orang yang takut ketika ingin mendekatinya. Jika ada orang yang manusia takut untuk mendekatinya karena keburukannya, maka orang ini termasuk orang yang paling keras sisksanya pada hari kiamat.

Sahl, mudah. Mudah didalam menagih hutang, mudah dalam membeli, mudah didalam menjual. Dia selalu berusaha memberikan kemudahan kepada manusia.

Kewajiban orang yang berakal adalah agar dia bergaul dengan manusia dengan akhlak yang baik dan meninggalkan akhlak yang buruk. Karena akhlak yang baik bisa melarutkan kesalahan dan dosa-dosa sebagaimana garam larut didalam air.

Terkadang, ada pada seseorang akhlak-akhlak yang baik. Namun ia memiliki akhlak yang buruk. Dan karena akhlak yang buruk ini, menyebabkan akhlak yang baik itu menjadi rusak. Oleh karena itu setiap kita hendaknya berusaha memperbaiki kekurangan-kekurangan diri kita.

Muhammad bin Ibrahim al-Ya’muri memerintahkan kita agar menjaga akhlak yang bagus. Juga memerintahkan kepada orang lain agar berakhlak dengan akhlak yang bagus. Sesuatu yang indah dan yang buruk itu mudah dibedakan. Kecuali dizaman fitnah yang sudah merebak, fitrah manusia sudah rusak, terkadang akhlak yang buruk itu menjadi baik. Seperti dizaman sekarang, orang merasa aneh jika ada orang yang melakukan kejujuran. Tapi kalau ada orang yang tidak jujur, dianggap biasa.

Antum dapat mendownload rekaman Audio melalui: https://www.radiorodja.com/45039-mudah-bergaul-dengan-pergaulan-yang-baik/
Kategori
Akhlak Ceramah Agama Islam Adab Ustadz Abu Yahya Badrusalam
Label
ceramah singkat, ceramah agama islam, dakwah tauhid, kajian islam, kajian sunnah, ceramah sunnah

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar