Raudhatul 'Uqala: Bersikap Tawadhu & Menjauhi Kesombongan l Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
20 Dilihat
Anjuran Untuk Tawadhu dan Menjauhi Kesombongan merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Raudhatul Uqala wa Nuzhatul Fudhala (tamannya orang-orang yang berakal dan tamasyanya orang-orang yang mempunyai keutamaan) karya Abu Hatim Muhammad ibnu Hibban al Busty rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 23 Muharram 1440 H / 03 Oktober 2018 M.

KAJIAN TENTANG ANJURAN UNTUK TAWADHU DAN MENJAUHI KESOMBONGAN – KITAB RAUDHATUL UQALA WA NUZHATUL FUDHALA
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ
“Sedekah tidak akan mengurangi harta. Tidaklah seseorang memberikan maaf melainkan Allah akan tambahkan kemuliaan. Dan juga tidaklah seseorang memiliki sifat tawadhu’ (rendah diri) karena Allah melainkan Allah akan angkat derajatnya.” (HR. Muslim)

Hadits ini memberikan kepada kita pelajaran-pelajaran penting. Diantaranya adalah:

Pertama, bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta. Orang yang senantiasa bersedekah akan memberkahi hartanya. Oleh karena itu tidak ada orang yang bangkrut karena dia banyak sedekah. Abu Bakar pernah mensedekahkan seluruh hartanya. Tapi apakah Abu Bakar bangkrut? Tidak! Justru semakin berkah dan semakin berkah.

Kedua, orang yang pemaaf, ketika ia memaafkan orang yang mendzaliminya, Allah akan tambahkan kemuliaannya. Jadi jangan kita menyangka kalau kita memaafkan artinya merendahkan diri kita. Salah besar jika ada orang yang memaafkan karena takut dirinya terhina. Justru orang yang memaafkan itu akan Allah tambahkan kemuliaan di atas kemuliaan.

Ketiga, orang yang tawadhu karena Allah, Allah pasti akan angkat derajatnya. Sebaliknya, orang yang sombong pasti akan hinakan dia. Allah menghinakan iblis, Fir’aun, Qarun dan semua orang-orang yang sombong. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan bahwa pada hari kiamat orang-orang yang sombong akan dikumpulkan sebesar semut yang kecil dan diinjak-injak oleh manusia. Sebagai balasan bagi mereka yang merasa dirinya tinggi.

Antum dapat mendownload rekaman Audio melalui:

https://www.radiorodja.com/44834-anjuran-untuk-tawadhu-dan-menjauhi-kesombongan/
Kategori
Adab Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar