Raudhatul 'Uqala: Larangan Mencari Kesalahan & Berburuk Sangka l Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
22 Dilihat
Larangan Mencari-Cari Kesalahan, Berburuk Sangka dan Rakus merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Raudhatul Uqala wa Nuzhatul Fudhala (tamannya orang-orang yang berakal dan tamasyanya orang-orang yang mempunyai keutamaan) karya Abu Hatim Muhammad ibnu Hibban al-Busty Rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 11 Rabbi’ul Tsani 1440 H / 19 Desember 2018 M.

LARANGAN MENCARI-CARI KESALAHAN (TAJASSUS)
Tajassus adalah mencari-cari kesalahan. Dari Abu Hurairah -semoga Allah meridhainya- ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ، فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الحَدِيثِ، وَلاَ تَحَسَّسُوا، وَلاَ تَجَسَّسُوا، وَلاَ تَحَاسَدُوا، وَلاَ تَدَابَرُوا، وَلاَ تَبَاغَضُوا، وَكُونُوا عِبَادَ اللَّهِ إِخْوَانًا
“Jauhilah persangkaan, karena sesungguhnya persangkaan itu berita yang paling dusta. Dan janganlah kamu melakukan tahassus, tajassus, saling hasad, saling membelakangi, dan saling benci. Jadilah kalian bersaudara, wahai para hamba Allah!”. (HR. Al-Bukhari, no. 6064)”

Makna tajassus dan tahassus artinya jangan kalian mencari-cari aib manusia dan jangan kalian mencari-carinya. Dimana at-Tahassus dari kata Hawass (panca indra).

Yahya bin Abi Katsir meriwayatkan bahwa tajassus itu artinya mencari aib seseorang. Sedangkan tahassus itu artinya mendengar obrolan suatu kaum. Ada yang mengatakan tajassus itu artinya mencari-cari perkara yang batin dan biasanya bahwa tajassus itu digunakan untuk mencari-cari keburukan. Sementara tahassus itu artinya mencari-cari sesuatu yang terlihat oleh mata atau telinga. Dan ini yang ditarjih oleh Imam al-Qurtubi Rahimahullah.

Jangan kalian saling membenci dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.

Selamat menyimak semoga bermanfaat.
Anda dapat mendownload rekaman audionya melalui: https://www.radiorodja.com/46421-larangan-mencari-cari-kesalahan-berburuk-sangka-dan-rakus/
Kategori
Ceramah Agama Islam Ustadz Abu Yahya Badrusalam
Label
kajian islam, kesalahan, keburukan, rodjatv, radio rodja, kajian sunnah, dakwah tauhid, rodjatv radio rodja, manhaj salaf, ceramah pendek

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar