Raudhatul 'Uqala: Larangan Saling Benci & Dengki l Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
42 Dilihat
Larangan Saling Dengki, Saling Iri Hati dan Saling Membenci merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Raudhatul Uqala wa Nuzhatul Fudhala (tamannya orang-orang yang berakal dan tamasyanya orang-orang yang mempunyai keutamaan) karya Abu Hatim Muhammad ibnu Hibban al-Busty Rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 25 Rabbi’ul Tsani 1440 H / 02 Januari 2019 M.

KAJIAN TENTANG LARANGAN SALING DENGKI, SALING IRI HATI DAN SALING MEMBENCI
Dari Abu Hurairah -semoga Allah meridhainya- Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

لا تَحاسدُوا ، وَلاَ تَنَاجَشُوْا ، وَلاَ تَبَاغَضُوْا ، وَلاَ تَدَابَرُوْا ، وَكُوْنُوْا عِبَادَ اللهِ إِخْوَانًا
“Jangan kalian saling mendengki, jangan saling najasy, jangan saling membenci, jangan saling membelakangi! dan hendaklah kalian menjadi hamba-hamba Allâh yang bersaudara.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kata Al-Hafidz Ibnu Hibban bahwa kewajiban orang yang berakal adalah menjauhi sifat dengki pada seluruh keadaanya. Karena perangai terendah dari orang yang terkena penyakit dengki atau hasad yaitu dia tidak ridha dengan ketentuan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang diberikan kepada saudaranya. Maksudnya beliau, kalau misalnya kita melihat ada orang yang diberikan kenikmatan lalu kemudian kita merasa panas hati, sama saja kita tidak ridha dengan pemberian yang Allah berikan kepada dia.

Yang kedua, seakan-akan kita sama saja menginginkan kebalikan yang menjadi sebuah keputusan Allah kepada dia. Allah sudah memutuskan dia diberikan oleh Allah kenikmatan, tapi kita tidak ridha dengan ketentuan Allah tersebut. Kita ingin sebaliknya. Tentu ini sifat yang menunjukkan betapa jiwanya sangat rendah sekali.

selamat menyimak semoga bermanfaat.
Anda dapat mendownload Rekaman Audio melalui: https://www.radiorodja.com/46425-larangan-saling-dengki-saling-iri-hati-dan-saling-membenci/
Kategori
Ceramah Agama Islam

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar