Serah Terima Barang Yang Dijual – Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
45 Dilihat
Serah Terima Barang Yang Dijual adalah kajian yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. yang merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 19 Rajab 1439 H/ 05 April 2018 M.
KAJIAN TENTANG SERAH TERIMA BARANG YANG DIJUAL – KITAB ZADUL MUSTAQNI
Pada kajian ini, dijelaskan tentang serah terima barang yang dijual dengan ukuran berupa takaran. Misalnya adalah barang yang dijual dengan liter seperti minyak goreng. Maka serah terimanya dengan diliterkan atau ditakar. Dengan demikian telah terjadi serah terima. Atau dengan dihitung. Misalnya baju yang dihitung /pcs misalnya. Maka ketika seseorang membeli pakaian, diserahterimakan dengan cara dihitung. Atau dengan ukuran /meter.
Cara serah terima barang adalah seperti yang telah pernah dijelaskan pada kajian sebelumnya. Yaitu kembali kepada ‘Urf (kebiasaan) suatu jenis barang. Dan menjadi kebiasaan kaum muslimin dari masa dahulu bahwa serah terima itu dilakukan dengan ditakar ulang. Dan pada onggokan dan sesuatu yang dipindahkan, maka serah terimanya dengan dipindahkan. Seperti mobil, motor atau barang yang bergerak lainnya, maka barang harus dipindahkan.

Suatu barang yang harus diambil memakai tangan, maka juga harus diserahterimakan dengan tangan. Seperti ketika seseorang membeli dolar. Maka serah terimanya diserahkan ke tangannya. Tapi sekarang Alhamdulillah ada rekening. Jadi serah terimanya bisa juga masuk ke rekening meskipun fisiknya tidak kita terima dengan tangan.
simak penjelasan selanjutnya semoga bermanfaat.

Anda dapat menyimak siaran kami melalui,
Gabung dan subscribe di media sosial Rodja TV:
Youtube: youtube.com/rodjatv/
Facebook: facebook.com/rodjatvofficial/
Twitter: twitter.com/rodjatv
Google+: google.com/+rodjatv
Situs web: http://rodja.tv
Live stream (primer): http://live.rodja.tv
Live stream Youtube: http://live2.rodja.tv (redirect)
Rodja TV melalui satelit: Satelit Palapa D, Frekuensi: 4057, Symbol Rate: 2727, Polaritas: H (Horizontal), Video PID: 106, Audio PID: 107, PCR PID: 106
Outlet Rodja untuk jasa pemasangan parabola: http://rodja.tv/outlet
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/
Kategori
Ustadz Erwandi Tarmizi

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar