Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah Hadits: 1473-1477 (Ustadz Abu Yahya Badrusalam,Lc)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
54 Dilihat

merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah nomor hadits 1473 – 1477.
Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Hadits 1473 – Nasihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
اُعْبُدِاللهَ كَأَ نَّكَ تَرَاه وَكُنْ فِي الدُّ نْيا كَأَ نَّكَ غَرِيْبٌ أوْ عا بِرُ سبِيل

“Beribadahlah kepada Allah seakan-akan kamu melihat Allah dan jadilah kamu di dunia seakan-akan orang asing atau musafir”

Hadits di atas merupakan nasihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Ibnu Umar Faidah dari hadits di atas adalah:

Pertama, makna dari kalimat “seakan-akan kamu melihat Allah” adalah beribadahlah dengan keilmuan. Semakin dalam ilmu kita tentang Allah, maka kita beribadah kepada Allah seakan-akan melihat Allah subhanahu wa ta’ala. Maka seseorang tidak akan sampai kepada derajat ini keduali dengan keilmuan yang dalam. Dimana seorang hamba mengenal Allah dengan pengenalan yang betul-betul dalam. Mulai dari mengenal nama-namaNya, sifat-sifatNya, perbuatan-perbuatanNya, kesempurnaan sifatNya dan lainnya.

Kedua, hadits ini berisi tentang bagaimana kita mengarungi kehidupan dunia ini. Bahwa kita hidup di dunia ini seperti orang asing yang dia yakin akan kembali ke negeri asalnya. Demikian pula ketika kita hidup di dunia ini, kita yakin bahwa kita akan kembali lagi kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Apa yang kita persiapkan? Seperti orang asing yang hendak pulang, dia akan mempersiapkan dengan persiapan yang baik. Oleh sebab itu hendaknya kita bersungguh-sungguh beramal shalih.
Hadits 1474 – Menit ke-09:36

،اعبُدِاللهَ كأنَّكَ تراه فإن لم تكُن تر ا ه فإنَّه يراك، واعدُد نفسكَ في الموتي وإيَّاكَ ودعو ةَ المظلو م فإنَّما تُستجا ب، ومن استطا ع منكم أ ن يشهد الصلا تينْ العشا ء والصبْح ولو حَبْوًافلْيَفْعَل

“Beribadahlah kepada Allah seakan-akan kamu melihat Allah, jika kamu tidak melihatnya maka sesungguhnya Dia yang melihatmu dan anggaplah bahwa seakan-akan kamu hendak mati, jauhi dan hati-hati dari do’a orang-orang yang didzalimi, dan siapa diantara kalian yang mampu untuk shalat subuh dan ‘isya berjamaah walaupun dia merangkah untuk mendatanginya, hendaknya dia lakukan”
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/

Kategori
Ustadz Abu Yahya Badrusalam Hadist
Label
abu yahya badrusalam, ustadz abu yahya, kajian masjid albarkah, kajian sunnah, kajian salaf, ceramah singkat, rodjatv, radio rodja

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar