Sunnah-Sunnah Terlupakan: Eps. Ziarah Kubur

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
20 Dilihat
Berkata Syaikh bin Baz Rahimahullah, disyariatkan bagi laki-laki untuk sewaktu-waktu menziarahi kubur, untuk mendo’akan mereka dan juga memintakan mereka Rahmat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, di samping juga agar mereka mengingat tentang kematian dan setelahnya (kehidupan akhirat).

Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

زُورُوا الْقُبُور فَإِنَّهَا تُذَكِّر الْمَوْت
“Ziarahilah kuburan, karena sesungguhnya hal tersebut mengingatkan kalian kepada kematian.” (HR. Muslim)

Dan dahulu Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengajarkan para sahabatnya apabila mereka berziarah kubur untuk mengucapkan:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ،و إِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ، نَسْأَلُ اللَّهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ، يَرْحَمُ اللَّهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ
“Semoga keselamatan bagi kalian penghuni kuburan dari kaum mukminin dan kaum muslimin, dan sesungguhnya kami insyaAllah akan menyusul kalian, kami memohon kepada Allah untuk kami dan untuk kalian keselamatan, semoga Allah merahmati orang yang telah mati diantara kita dan orang yang masih hidup.”

Adapun wanita, maka tidak bisa ingatkan bagi mereka untuk berziarah kubur. Karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melaknat wanita wanita yang menziarahi kubur dan juga ditakutkan ada fitnah dan kurangnya kesabaran mereka (para wanita).

Demikian juga tidak boleh bagi para wanita untuk mengiringi jenazah menuju kuburan. Karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang mereka untuk melakukan hal tersebut.

Adapun shalat jenazah di masjid atau di mushala, maka hal tersebut disyariatkan bagi laki-laki juga bagi perempuan. selamat menyimak semoga bermanfaat.
Kategori
Ceramah Agama Islam
Label
sunnah terlupakan, ziarah kubur, kuburan kramat, kuburan horor, dakwah salafy

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar