RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Sunnah-Sunnah yang Terlupakan: Siwak

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Program
5 Dilihat

Deskripsi

Di episode kali ini, kita akan membahas sunnah-sunnah yang terlupakan atau sering kali dilalaikan, yaitu siwak (Al-'Allamah Ash-Shan'ani menyebutkan dalam Subulus Salam). Dalam kitab Al-Badru Al-Munir, disebutkan ada lebih dari 100 hadits yang menyebutkan tentang siwak. Namun sungguh mengherankan, sobat muda, sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang satu ini banyak dilalaikan oleh kebanyakan orang.

Dalil tentang Siwak
Begitu banyak hadits yang menyebutkan tentang anjuran bersiwak dan menjadikannya amalan yang sangat disukai, bahkan antusiasme Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam bersiwak sampai saat-saat akhir hidupnya di dunia ini dan kecintaan beliau terhadapnya sebagai alat pembersih mulut dan gigi. Ash-Shan'ani dan para ulama pada umumnya merasa heran terhadap kebanyakan orang yang melalaikan sunnah yang mulia ini, karena itulah, sobat muda, di episode kali ini, kita akan menyebutkan beberapa hadits yang berkaitan dengan hal tersebut.

Dari Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma, dia berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، كَانَ لا يَنَامُ إِلا وَالسِّوَاكُ عِنْدَ رَأْسِهِ ، فَإِذَا اسْتَيْقَظَ بَدَأَ بِالسِّوَاكِ
"Tidaklah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidur melainkan siwak ada di samping beliau, manakala bangun tidur, beliau langsung bersiwak." (HR Ahmad, Al-Bukhari, Abu Ya'la, Ath-Thabrani, dan lainnya)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلَاةٍ
"Andaikata tidak memberatkan umatku pasti aku akan memerintahkan mereka untuk selalu bersiwak pada setiap hendak mengerjakan shalat." (HR Bukhari dan Muslim)

Apa manfaat bersiwak dan bagaimana cara bersiwak? Simak Sunnah-Sunnah yang Terlupakan episode "Siwak" ini.

http://rodja.tv/4864

Tulis Pesan Antum

Sign in or sign up to post comments.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS