Syarah Aqidah: (Bab VI) Menetapkan Sifat Al-'Uluw (Ketinggian) l Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
28 Dilihat
Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Bab VI Point 12: “Ahlussunnah Wal Jama'ah Menetapkan Sifat Al-'Uluw (Ketinggian) bagi Allah ﷻ” hal 200. merupakan ceramah agama dengan pembahasan masalah aqidah, disampaikan oleh Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawas di Radio Rodja dan RodjaTV, rutin pada setiap Sabtu pagi ba'da subuh.
Kesepuluh: “Mengambil Lahiriyah Al-Qur’an dan As-Sunnah Merupakan Prinsip Dasar Ahlus Sunnah Wal Jama’ah”

Kedua Belas:

Ahlus Sunnah wal Jama’ah Menetapkan Sifat al-‘Uluw (Ketinggian) bagi Allah ﷻ

Sifat al-‘Uluw merupakan salah satu dari Sifat-Sifat Dzatiyah Allahﷻ yang tidak terpisah dari-Nya. Sifat Allah ini sebagaimana sifat Allahﷻ lainnya diterima dengan penuh keimanan dan pembenaran oleh Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

Sifat Allah ini ditunjukkan oleh sama’ (Al-Qur’an dan As-Sunnah), akal dan fitrah. Telah mutawatir dalil-dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah tentang penetapan ketinggian Allahﷻ diatas seluruh makhluk-Nya.

Diantara dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah tentang sifat al-‘Uluw adalah:

1. Firman Allah ﷻ :

ءَاَمِنْتُمْ مَّنْ فِى السَّمَاۤءِ اَنْ يَّخْسِفَ بِكُمُ الْاَرْضَ فَاِذَا هِيَ تَمُوْرُۙ - ١٦
Sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan membuat kamu ditelan bumi ketika tiba-tiba ia terguncang?

2. Firman Allah ﷻ: يَخَافُوْنَ رَبَّهُمْ مِّنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ ࣖ ۩ - ٥٠
Mereka takut kepada Tuhan yang (berkuasa) di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka).

3. Firman Allahﷻ: سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْاَعْلَىۙ - ١
Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Mahatinggi,


Ibnu Abil ‘Izz  رٙحِمٙهُ اللهُ berkata: “Ketinggian Allahﷻ disamping menetapkan melalu Al-Qur’an dan As-Sunnah ditetapkan pula melalui akal dan fitrah manusia. Adapun tetapnya ketinggian Allahﷻ melalui akal dapat ditunjukkan dari sifat kesempurnaan-Nya. Sedangkan tetapnya ketinggian Allah secara fitrah, maka perhatikanlah setiap orang yang berdo’a kepada Allahﷻ pastilah hatinya mengarah keatas dan keuda tangannya menengadah bahkan barangkali pandangannya tertuju ke arah yang tinggi. Perkara ini terjadi pada siapa saja, yang besar maupun yang kecil, orang yang berilmu maupun orang yang bodoh, sampai-sammpai di dalam sujud pun seseorang mendapat kecenderungan hatinya ke arah itu. Tidak seorang pun dapat memungkiri hal ini, dengan mengatakan bahwa hatinya itu berpaling ke arah kiri dan kanan atau ke bawah.

Tentang Allahﷻ Maha Tinggi, Allah ﷻ berada diatas langit, dibuktikan dengan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, Ijma Salafush Shalih dan dapat dibuktikan dengan akal serta fitrah manusia.


Anda dapat mendownload rekaman audio kajian Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah melalui: https://www.radiorodja.com/download/kajian/ustadz-yazid-abdul-qadir-jawas/syarah-aqidah-ahlus-sunnah-wal-jamaah/

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar