Syarah Aqidah: (Bab VI) Pilar-Pilar Ibadah Dalam Islam l Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
72 Dilihat
Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Bab VI Point Ke 9: “Pilar-Pilar Ibadah dalam Islam” hal 185. merupakan ceramah agama dengan pembahasan masalah aqidah, disampaikan oleh Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawas di Radio Rodja dan RodjaTV, rutin pada setiap Sabtu pagi ba'da subuh.


Kesembilan: Pilar - pilar Ibadah dalam Islam
Ahlus Sunnah wal Jama'ah menyatakan bahwa manusia diciptakan oleh Allah untuk beribadah dengan memurnikan ketaatan kepada - Nya serta meneladani Sunnah Nabi ﷺ. Maka, setiap Muslim dan Muslimah harus mengetahui hakikat ibadah yang sebenarnya agar amalan yang dikerjakannya diberikan ganjaran kebaikan oleh Allah ﷻ,.

Definisi Ibadah/
Ibadah (etimologi) berarti merendahkan diri dengan baik, sedangkan menurut syara '(terminologi), ibadah memiliki banyak definisi, tetapi makna dan maksudnya satu.
Definisi itu antara lain adalah: 

1. Ibadah adalah taat kepada Allah ﷻ dengan melaksanakan perintah-Nya melalui lisan para Rasul-Nya.
2. Ibadah adalah merendahkan diri kepada Allah ﷻ. Yaitu tingkatan tunduk yang paling tinggi disertai dengan rasa Mahabbah (Kecintaan) yang paling tinggi.
3. Ibadah adalah sebuatan yang mencakup seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah ﷻ, baik berupa ucapan atau perbuatan, yang zhahir maupun yang bathin. Inilah definisi yang paling lengkap.

Ibadah terbagi menjadi ibadah hati, lisan dan anggota badan. Rasa Khauf (Takut), raja’ (Mengharap), mahabbah (cinta), tawakkal (Ketergantungan), raghabah (senang), dan rabbah (takut) adalah ibadah qalbiyyah (yang berkaitan dengan hati). sedangkan tasbih, tahlil, takbir, tahmid dan syukur dengan lisan dan hati adalah ibadah lisaniyyah qalbiyyah (lisan dan hati). sedangkan shalat, zakat, haji, dan jihad adalah ibadah badaniyyah qalbiyyah (fisik dan hati). Serta masih banyak lagi macam-macam ibadah yang berkaitan dengan amalan hati, lisan dan badan.


Anda dapat mendownload rekaman audio kajian Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah melalui: https://www.radiorodja.com/download/kajian/ustadz-yazid-abdul-qadir-jawas/syarah-aqidah-ahlus-sunnah-wal-jamaah/
Kategori
Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar