Syirik Dalam Tawakal (Al Irsyad Ila Shahihil I'tiqod) l Ustadz Abu Haidar As Sundawy

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
94 Dilihat
Syirik Dalam Tawakal merupakan rekaman ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar As-Sundawy dalam pembahasan Kitab Al-Irsyad Ila Shahihil I’tiqad karya Syaikh Shalih Fauzan Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada 11 Jumadal Awwal 1440 H / 18 Januari 2019 M.

Syirik besar adalah syirik yang menghapus tauhid, mengeluarkan pelakunya dari agama ini, murtad, dia keluar dari Islam. Ini kalau melakukan syirik besar. Seperti ibadah kepada Allah dengan berbagai macam bentuknya, baik menyembah, ruku’, sujud, berdo’a, menyembelih dan yang sejenisnya. Itu menyebabkan pelakunya terhapus tauhid dari dirinya. Kalimat tauhid لاإله إلاالله sudah hilang dari dirinya. Dia keluar dari Islam.

Kedua, syirik kecil. Syirik kecil ini tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam. Dia tetap muslim, tapi muslim yang berdosa besar, ahli maksiat, terancam dengan api neraka bila dia tidak tobat. Tapi adzab bagi pelaku syirik kecil ini tidak abadi, sementara. Sampai dosanya lunas oleh adzabNya, baru diangkat.
Contoh syirik kecil adalah riya’, ‘ujub, sum’ah, pergi ke dukun dan yang lain-lain yang insyaAllah kita akan bahas secara rinci.

JENIS-JENIS SYIRIK BESAR
Adapun syirik besar ada beberapa:

1. SYIRIK DALAM MASALAH KHAUF (TAKUT)

Syirik dalam masalah khauf artinya seorang hamba merasa takut kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan rasa takut yang menyebabkan dia terhalang dari kewajiban atau terdorong untuk melakukan perkara yang diharamkan.

Ini syirik dibidang khauf. Syirik dibidang khauf ini ada tiga jenis:

a. Khauf Sirri (tersembunyi)

Khauf Sirri adalah rasa takut yang tidak terlihat. Yaitu seseorang takut kepada selain Allah. Baik kepada berhala, kepada thaghut, kepada setan, kepada makhluk gaib seperti setan dari kalangan bangsa jin atau ruh orang-orang yang sudah mati atau takut kepada manusia yang diyakini memiliki kekuatan gaib seperti para dukun atau tukang-tukang sihir.

Takut semua itu bisa menimpakan mudzarat kepada dirinya, takut kalau-kalau berhala yang disembah oleh orang-orang musyrik, dukun-dukun tukang-tukang sihir atau seperti ruh orang-orang yang sudah mati, takut mereka bisa menimbulkan musibah, mereka bisa memberi penyakit, bisa memberi mudzarat. Inilah yang disebut dengan takut sirri.

Inilah yang pernah dilakukan oleh orang-orang musyrik zaman baheula kepada para Nabi yang diutus kepada mereka. Salah satu senjata orang-orang musyrik adalah menakut-nakuti para Nabi. Kalau kalian melarang kami menyembah ini, nanti Tuhan kami bisa menimbulkan, melimpahkan mudzarat, menimpakan penyakit, menimpakan kesialan, menimpakan musibah dan yang sejenisnya.
Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/
Kategori
Ceramah Agama Islam Ustadz Abu Haidar As-Sundawy
Label
CERAMAH PENDEK, ceramah agama islam, rodjatv, radio rdoja, kajian salaf, dakwah tauhid, manhaj, ceramah pendek, ceramah agama ilsma, syrik, syirik, syirik dalam tawakal, al irsyad, ustadz abu haidar, abu haidar as sundawy, dakwah islam

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar