Syirik Kecil (Al Irsyad Ila Shahihil I'tiqod) l Ustadz Abu Haidar As Sundawy

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
39 Dilihat
Syirik kecil yaitu semua yang tertera dalam nash-nash baik itu Al-Qur’an dan sunnah dan disebut dengan syirik akan tetapi tidak sampai ke derajat syirik besar. Seperti riya’ disebagian amalan atau bersumpah dengan nama selain Allah atau mengatakan, “Atas kehendak Allah dan atas kehendak fulan.”

Kemudian beliau Rahimahullah menyebutkan dalil-dalil tentang syirik asghar (syirik kecil) ini, diantaranya adalah sabda Nabi Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمْ الشِّرْكُ الأَصْغَرُ قَالُوا يَا رَسُولَ الله وَمَا الشِّرْكُ الأَصْغَرُ؟ قَالَ الرِّياَءُ
“Sesungguhnya yang paling kutakutkan atas kalian ialah syirik kecil”. Mereka bertanya, “Apakah syirik kecil tersebut wahai Rasulullah?” Jawab Beliau, “Riya””. (H.R. Ahmad)

Ini adalah dalil pertama yang berkaitan dengan riya’ disebagian ibadah. Dan yang dimaksud dengan riya’ di sini adalah riya’ yang ringan. Adapun riya’ yang murni atau dilakukan disemua amalan, maka hal tersebut masuk kedalam syirik besar yang mengeluarkan seseorang dari agamanya.

Kemudian Syaikh bin Baz Rahimahullah mengatakan diantara dalil tentang syirik asghar ini adalah sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

مَنْ حَلَفَ بِغَيْرِ اللَّهِ فَقَدْ أَشْرَكَ
“Barangsiapa yang bersumpah dengan sesuatu selain Allah maka dia telah berbuat syirik.” (HR. Ahmad)

Ini yang berkaitan dengan perkara yang kedua yaitu tentang bersumpah dengan nama selain Allah ‘Azza wa Jalla. Banyak hadits-hadits dari Nabi Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang menyebutkan tentang hal ini. Diantaranya adalah dua hadits yang disebutkan oleh penulis kitab ini Rahimahullah.

Sabda Nabi Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “barangsiapa bersumpah dengan sesuatu.” Maka hal ini berarti umum. Masuk didalamnya semua, Malaikat, Nabi, Ka’bah, wali dan semuanya. Tidak boleh bersumpah dengan makhluk-makhluk tersebut.

Sabda Nabi Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

مَنْ حَلَفَ بِغَيْرِ اللَّهِ فَقَدْ أَشْرَكَ
“Barangsiapa yang bersumpah dengan sesuatu selain Allah maka dia telah berbuat syirik.” (HR. Ahmad)

Di sini kemungkinan perawi ini ragu apakah Rasulullah mengatakan “atau” atau “dan”. Maka artinya telah berbuat kafir dan berbuat syirik atau dia telah berbuat kafir atau berbuat syirik. Tentu yang dimaksud kufur di sini bukan kufur akbar, tapi kurkur asghar. Juga syirik bukan syirik akbar, tapi syirik asghar. Kecuali jika seorang yang bersumpah dengan selain Allah mengagungkan makhluk yang dia bersumpah dengan makhluk tersebut dan meyakini padanya apa yang dia yakini tentang Allah ‘Azza wa Jalla. Maka jika dia samakan makhluk yang dia bersumpah dengannya dengan Allah, maka ini termasuk syirik akbar yang mengeluarkannya ia dari agamanya.
Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/
Kategori
Ceramah Agama Islam Ustadz Abu Haidar As-Sundawy
Label
ustadz abu haidar, kajian islam, dakwah tauhid, manhaj salaf, ceramah agama islam, dakwah sunnah, dakwah islam, ustad abu haidar, kajian islam pendek, dakwah islam sunnah

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar