RodjaTV
Ahlan wa sahlan
Login / Daftar

Taati Suamimu Surga Bagimu (Ustadz Abu Yahya Badrusalam,Lc)

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

URL

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Ditambahkan oleh Admin pada Adab Ustadz Abu Yahya Badrusalam Muslimah
90 Dilihat

Deskripsi

Taati Suamimu, Surga Bagimu merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. secara langsung dari Masjid Al-Muhajirin IKMS Monang-Maning, Pulau Bali. Kajian ini disampaikan pada Ahad, 6 Sya’ban 1439 H / 22 April 2018 M.
CERAMAH AGAMA ISLAM TENTANG TAATI SUAMIMU, SURGA BAGIMU – USTADZ ABU YAHYA BADRUSALAM, LC.
Kajian ini membahas tentang keutamaan mentaati suami dan bagaimana agar bisa mentaati suami. Wanita-wanita yang taat kepada suaminya mempunyai keutamaan yang sangat bersar. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Abu Dawud)

Lihatlah hadits di atas, betapa besarnya pahala yang didapatkan seorang wanita jika mentaati seorang suami. Dalam hadits lain Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang ciri wanita shalihah.

قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ
Pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapakah wanita yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci” (HR. An-Nasai dan Ahmad)

Jika seorang istri mentaati suami dalam kebaikan, maka insyaAllah surga yang akan didapatkan oleh seorang istri. Dalam hadits yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam didatangi seorang wanita, lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “apakah kamu memiliki suami?“. Wanita itu menjawab, “punya wahai Rasulullah“. Kata Rasulullah, “bagaimana sikap kamu terhadap suamimu?“. Wanita itu berkata, “Aku terus bersungguh-sungguh untuk mentaati suamiku keculi aku yang tidak mampu ya Rasulullah” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَانْظُرِي أَيْنَ أَنْتِ مِنْهُ فَإِنَّمَا هُوَ جَنَّتُكِ وَنَارُكِ

“Lihatlah oleh kamu bagaimana kamu dimata suamimu, karena suamimu adalah surga atau nerakamu” (HR. Ahmad)

Maka dari itulah, mentaati suami adalah perkara yang diwajibkan oleh Allah dan Rasul-Nya kepada para istri. Dan bukan berarti suami menjadi otoriter. Akan tetapi ini merupakan kemaslahatan rumah tangga. Sebab ketika istri sudah tidak taat kepada suami, tidak akan ada kebahagiaan sama sekali dalam kehidupan rumah tangga.
Dalam Islam hak suami sangatlah besar dihadapan istri. Ada seorang wanita ketika dizaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang tidak mau menikah. Maka ayahnya datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika anak tersebut ditanya oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam, dia berkata, “Ya Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang hak seorang suami terhadap istrinya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ يَصْلُحُ لِبَشَرٍ أَنْ يَسْجُدَ لِبَشَرٍ، وَلَوْ صَلَحَ لِبَشَرٍ أَنْ يَسْجُدَ لِبَشَرٍ لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا مِنْ عِظَمِ حَقِّهِ عَلَيْهَا، وَاَّلذِي نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَوْ كَانَ مِنْ قَدَمِهِ إِلَى مَفْرَقِ رَأْسِهِ قَرْحَةً تَجْرِي بِالْقَيْحِ وَالصَّدِيْدِ، ثُمَّ اسْتَقْبَلَتْهُ فَلحسَتْهُ مَا أَدّّتْ حَقَّهُ

“Tidaklah pantas bagi seorang manusia untuk sujud kepada manusia yang lain. Seandainya pantas/boleh bagi seseorang untuk sujud kepada seorang yang lain niscaya aku perintahkan istri untuk sujud kepada suaminya dikarenakan besarnya hak suaminya terhadapnya. Demi Zat yang jiwaku berada di tangannya, seandainya pada telapak kaki sampai belahan rambut suaminya ada luka/borok yang mengucurkan nanah bercampur darah, kemudian si istri menghadap suaminya lalu menjilati luka/borok tersebut, niscaya ia belum menunaikan hak suaminya.”(HR. Ahmad)
Subhanallah, betapa besar hak seorang suami dihadapan istri. Dan diantara hak seorang suami adalah untuk ditaati oleh istrinya. Tentu mentaati seorang suami tidaklah mudah. Namun dengan 7 tips yang disampaikan dalam kajian ini, InsyaAllah dapat membuat seorang istri menjadi semakin taat kepada suaminya.
selamat menyimak semoga bermanfaat.
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar
RSS