Tabligh Akbar: Akibat Dosa l Ustadz Zenal Abidin, Lc. M.M.

Syukron! Berbagi kepada teman antum!

Antum tidak menyukai video ini. Syukron telah berpartisipasi!

Ditambahkan oleh admin
170 Dilihat
Akibat Dosa adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Zaenal Abidin, Lc. M.M. langsung dari lapangan bola desa Lompio, belakang kantor desa Lompio, kec. Sirenja, kab. Donggala pada hari Selasa 29. Januari 2019 M.
Para ulama mengatakan bahwa maksiat atau dosa adalah kebalikan dari ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Semua ketaatan, kebalikannya adalah dosa. Kemudian para ulama membagi dosa menjadi dua. Yaitu:

Pertama, adalah meninggalkan apa yang diperintahkan. Apa saja yang Allah subhanahu wa ta’ala dan Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkannya kemudian ditinggalkan maka ini adalah dosa.

Contohnya adalah Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita untuk shalat, maka ketika ada yang tidak shalat maka dia melakukan dosa. Bahkan khusus untuk shalat, jangan pernah ditinggalkan karena dia adalah cara seorang bermunajat dengan Allah subhanahu wa ta’ala.

Kedua, seseorang mengerjakan apa yang dilarang. Apa saja yang dilarang oleh Allah subhanahu wa ta’ala? Hal utama yang dilarang oleh Allah subhanahu wa ta’ala adalah kesyirikan. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surat Luqman:

…يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّـهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ ﴿١٣﴾
“Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar“. (QS. Luqman[31]: 13)

Contoh lain darimengerjakan apa yang dilarang adalah meminum-minuman keras, berjudi, memakan riba dan lain sebagainya. Allah melarang semua ini dan apabila ini dilanggar itulah maksiat. Allah subhanahu wata’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ﴿٩٠﴾
“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al-Maidah[5]: 90)
Pemahaman baliknya apabila seseorang melakukan judi, meminum-minuman keras, melakukan sedekah laut dengan menyembelih, kemudian orang mengadu nasib dengan anak panah, maka hidupnya tidak akan beruntung.

Rekaman audio: https://www.radiorodja.com/
Rodja.TV: https://rodja.tv/
Kategori
Ceramah Agama Islam Aqidah
Label
ceramah singkat, ceramah agama islam, rodjatv, radio rodja, kajian pendek, ceramah sunnah, ustadz zaenal abidin, kajian salaf, dakwah tauhid, manhaj salaf, tabligh akbar, akibat dosa, ustadz zainal abidin, akibat, dosa, taubat, taubat dari dosa

Tulis Pesan Antum

Silakan Sign in atau daftar untuk memberikan komentar.

Komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar